DestinationHeadline NewsTourism

Kemenpar: Komitmen Kepala Daerah Dibutuhkan Untuk Kembangkan Destinasi Wisata

Komitmen Kepala Daerah sangat dibutuhkan untuk mengembangkan destinasi wisata di daerahnya, tak terkecuali Kota Tua dan Kepulauan Seribu. Apalagi kedua wisata di Jakarta itu, menjadi bagian dari 10 destinasi prioritas yang ditetapkan Pemerintah.

“Dalam hal ini pimpinannya itu sudah berkomitmen itu biasanya jauh lebih mudah karena semua sumber dayanya akan follow, akan ikut,” ujar Ketua Pokja Bidang Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib di Balai Kota, Selasa (28/5/2019).

Hiramsyah mengakui ada peningkatan jumlah wisatawan, baik wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kota Tua dan Kepulauan Seribu. Akan tetapi , peningkatan itu tidak pesat dan sesuai target yang ditetapkan.

Menurut Hiramsyah, kenaikan signifikan dapat tercapai jika wisatawan di dua destinasi unggulan Jakarta itu mencapai 20 persena
atau lebih. Kota Tua dan Kepulauan Seribu, dinilai memiliki potensi pertumbuhan pengunjung yang lebih tinggi. Solusinya adalah komitmen kepala daerah, yang dapat mendongkrak pertumbungan wisatawan.

Hiramsyah mengatakan, penyusunan grand design Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang sedang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menjadi langkah yang harus konsisten. Sehingga, target-target untuk memajukan pariwisata Ibu Kota bisa terpenuhi dengan pengelolaan yang baik.

“Kalau itu dikelola dan dikemas secara baik dia bahkan mampu menghasilkan atau mendatangkan wisatawan domestik maupun asing yang mungkin jumlahnya berlipat-lipat jauh lebih besar dari hari sekarang,” ujarnya.

Asalkan, lanjut Hiramsyah, penataan destinasi wisata dilakukan dengan baik dan memenuhi standar kelas dunia. Menurut dia, hal itu mudah dilakukan, lagi-lagi dengan komitmen gubernur untuk memprioritaskan sektor pariwisata.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close