EconomicHeadline NewsTourismTravel

Kementerian BUMN Dukung Kehadiran Balai Ekonomi Desa di Sekitar Candi Borobudur

Candi Borobudur menjadi perhatian Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menaikkan ekonomi daerah dan juga memperbanyak jumlah wisatawan yang datang ke wisata sejarah itu.  Perhatian yang diberikan Kementerian BUMN adalah dengan mendorong balai ekonomi desa (Balkondes) di sekitar Candi Borobudur untuk mengangkat potensi desa guna menarik wisatawan.

“Di Borobudur sudah jelas ada duapuluh desa yang dibangun Balkondes dan homestay oleh BUMN, kami juga melakukan pembinaan supaya daerah-daerah itu menarik untuk dikunjungi wisatawan,” kata   Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno  usai penyerahan bantuan “Corporate Social Responsibility” (CSR) kepada masyarakat Jawa Tengah di Lapangan Lumbini kompleks Candi Borobudur.

“Kami melihat kira-kira hasil apa di setiap desa yang bisa diangkat untuk kemudian wisatawan datang ke sana,” katanya.

Rini mengatakan terbukti  kehadiran  Balkodes  dapat menggerakan perekonomian di daerah. Contohnya  Balkondes yang dibangun BRI mengangkat produk tahu dan madu, Di sana wisatawan bisa melihat bagaimana proses pembuatan tahu, kemudian BTN membangun Balkondes di desa sentra pembuatan gerabah, di situ wisatawan bisa belajar bagaimana membuat gerabah.

Rini optimis upaya yang dilakukan BUMN ini tidak sia-sia. Karena keberadaan Borobudur betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat desa di Borobudur jika keunggulan masing-masing desa dapat dioptimalkan dengan baik.

“Bukan hanya ada pembangunan resort tetapi bagaimana desa-desa itu merasakan manfaatnya dengan adanya Candi Borobudur. Wisatawan banyak yang datang dan mereka bisa membuat produk yang dapat dibeli oleh wisatawan,” katanya.

Ia mengatakan dengan adanya Balkondes bisa bermanfaat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya harapkan setelah sejumlah Balkondes itu dibangun, BUMN tetap membina sehingga desa-desa sekitar Borobudur dapat lebih sejahtera dan lebih makmur,” katanya.

Ia menyampaikan apresiasi kapada seluruh direksi dan manajemen BUMN yang bersemangat untuk bersinergi dan bersemangat untuk bersama-sama membangun negeri ini,

“Meningkatkan aktivitas BUMN untuk dapat bersama-sama mengentaskan kemiskinan dan bersama-sama mempunyai komitmen untuk membawa rakyat Indonesia menuju kemakmuran dan kesejahteraan sehingga Indonesia dapat menjadi negara dikdaya dalam waktu singkat,” katanya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button