Headline NewsInvestment

Kepala BKPM Siapkan 6 Jurus Untuk Tarik Investor

Menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk meningkatkan investasi di Indonesia. Investasi menjadi salah satu yang diperhatikan Presiden karena memiliki multi efek yang positif bagi pertumbuhan ekonomi.

Untuk mencapai harapan Presiden itu, Bahlil mengaku telah memiliki enam jurus untuk menarik investor menanamkan modalnya di Indonesia. Jurus pertama yakni, mantan Ketua Umum BPP HIPMI ini akan meningkatkan peringkat kemudahan berbisnis (ease of doing business atau EODB) di Indonesia yang stagnan di peringkat 73 menjadi peringkat 50 besar.

“Peringkat Indonesia pun sempat naik signifikan 19 peringkat ke posisi 72. Tetapi turun tahun lalu ke posisi 73,” ujar Bahlil melalui keterangan resminya, Rabu (6/11/2019).

Kedua,  Bahlil akan menindaklanjuti kendala yang dihadapi investor di lapangan sehingga investasinya terhenti. Tindaklanjut itu akan dilakukan pada investasi besar yang mandek.  Salah satu kendala yang muncul adalah, belum juga dibangun pabrik padahal izin sudah diberikan.

Ketiga, pihaknya akan mendorong investor bermitra dengan usaha kecil dan menengah (UKM) lokal agar tercipta ekosistem dan iklim investasi yang kondusif. Keempat, BKPM akan mendorong penyebaran investasi lebih luas namun berkualitas. BKPM akan memperluas penyebaran investasi ke luar Pulau Jawa.

Kelima, promosi investasi yang terfokus berdasarkan sektor dan negara tujuan promosi.  Dalam pemaparannya, fokus investasi di sektor infrastruktur misalnya dianggap lebih cocok ditargetkan ke negara Eropa, Asia Timur, dan Timur Tengah. Sementara itu, pengembangan sumber daya manusia lebih ditargetkan ke Australia dan Amerika.

Keenam, Bahlil akan mengerek investor dalam negeri untuk menghadapi perlambatan laju perekonomian global.

“Kami harus perkuat investor dalam negeri. Tidak hanya investasi-investasi besar, mencoba masuk kepada UMKM dan pengusaha-pengusaha menengah,” ucap dia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close