EconomicHeadline NewsTourism

Konjen RI Promosikan Perdagangan dan Wisata Kepada Pengusaha Mindanao

Dalam rangka meningkatkan kerja sama perdagangan bilateral dan mendorong kunjungan wisatawan Mindanao ke Indonesia, Konjen RI Davao CIty melakukan kegiatan terpadu berupa market survey, promosi  perdagangan, dan pariwisata ke Koronadal City dan Tacurong City pada 31 Januari dan1 Februari 2018.

Kedua kota ini masing-masing berjarak 190 Km dan 224 Km Barat Daya Davao City merupakan bagian dari Region XII atau yang lebih dikenal dengan SOCCSKSARGEN (South Cotabato, Cotabato City, Sultan Kudarat, Sarangani dan General Santos City).

Wilayah Mindanao, khususnya Region XII, yang kerap dipanggil dengan “the food basket of the Philippines”, merupakan penghasil utama sejumlah komoditas agrikultur FIlipina, seperti jagung, beras, dan buah-buahan, yang distribusikan hingga Luzon, Cebu, dan Visaya.

“Kami ingin mengetahui lebih mendalam kapasitas produksi dan peta distribusi komoditas agrikultur unggulan di Mindanao. Market survey yang kami lakukan ini diharapkan dapat memberikan data yang informatif bagi pelaku usaha Indonesia mengenai potensi sejumlah komoditas, khususnya jagung Indonesia di Filipina” ujar Konjen Berlian membuka pertemuan dengan Regional Executive Director Department of Agriculture Regioan XII, Mila Casis.

“Wilayah kami adalah penghasil kedua terbesar komoditas jagung di FIlipina yang menghasilkanl 1,2 juta ton di tahun 2017 dan 1,14 juta ton di tahun 2016. Wilayah Region XII baru dapat mendistribusikan surplus hasil panennya ke wilayah Cebu dan Visaya. Sedangkan untuk kebutuhan jagung di Luzon, khususnya untuk sektor industri sebagian masih diimpor dari luar,” ujar Mila Clasis.

“Ini dapat menjadi peluang bagi ekspor jagung Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir Produksi jagung Indonesia mengalami  surplus. Sebagai contoh pada tahun 2016 produksi jagung Indonesia mencapai 23,5 juta ton, sedangkan konsumsi hanya mencapai 20 juta ton per tahun. Ini adalah momen yang tepat,” tambah Berlian.

Secara terpisah, Konjen Berlian melakukan pertemuan dengan Walikota Koronadal Dr. Pieter B. Miguel. Dalam pertemuan itu, keduanya membicarakan upaya bersama untuk meningkatkan kerja sama perdagangan, investasi, pariwisata, dan people-to-people contact, khususnya antara Koronadal dengan wilayah Indonesia yang potensial.

“Kami sepakat untuk memajukan kerja sama yang menguntungkan. KJRI akan berpartisipasi pada mixed expo yang akan diselenggarakan di Koronadal City. Sebaliknya, kita juga akan melibat para pelaku usaha di Region XII dalam kegiatan-kegiatan Pameran Dagang yang diadakan KJRI Davao seperti: the 2nd Indonesia Food and Beverage Expo pada Mei 2018 dan 2nd Indonesia Manufactured Products Expo pada September 2018. ​

Konjen Berlian juga mengajak Walikota Miguel yang merupakan ketua asosiasi motorist untuk melakukan kegiatan Motor Touring dari Davao City/General Santos ke Bitung/Manado Sulawesi Utara, yang akan diselenggarakan sekitar Juli 2018.  Motor Touring ini akan melibatkan para riders dari Mindanao dan Sulawesi. Mereka akan melakukan aktvitas sport, kunjungan ke objek wisata unggulan di Sulawesi Utara, dan business matching karena para riders Mindanao tersebut juga pelaku usaha potensial. Konjen Berlian menjelaskan bahwa “Kegiatan motor touring ini adalah all in one programme, karena tidak hanya mendorong people-to-people contact, tapi juga ikut mempromosikan pariwisata Indonesia, dan meningkatkan kerja sama perdagangan antara para pelaku usaha”. Ibarat pepatah “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”.(Sumber: KJRI Davao)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button