Headline NewsHealthy Life

Sinar Mas Salurkan Lebih Dari 1.200 Ton Oksigen Setiap Bulannya

Komitmen Sinar Mas  membantu pemerintah dalam penanganan kasus Covid-19 terus ditunjukan. Saat ini, Pemerintah sedang berupaya untuk memenuhi kebutuhan oksigen pasien Covid-19, menyusul terus meningkatkan kasus harian Covid-19. 

Oleh karena itu, Sinar Mas melalui unit kerjanya yakni Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas terpanggil membantu pemerintah dalam menyediakan  liquid oxygen dan gas oxygen untuk di sejumlah daerah.  Sinar Mas akan menyediakan 1.200 ton oksigen per bulannya, yang disuplai oleh PT. OKI Pulp & Paper Mills, PT. Indah Kiat Pulp & Paper- Perawang Mills dan PT. Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry. Penyediaan 1.200 ton oksigen ini mampu mengisi 1.000.000 tabung oksigen medis dengan volume 1 M3.

Penyerahan  perdana oksigen ini telah dilakukan PT. OKI Pulp & Paper Mills kepada Pemerintah Provinsi Sumatera-Selatan (Sumsel) dan Pemerintah Provinsi Jawa-Barat (Jabar), Senin (12/7/2021).

Pengiriman perdana ini ditandai dengan penyerahan sebuah tabung oleh Managing Director Sinar Mas Saleh Husin kepada Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dengan disaksikan Kapolda Sumatera-Selatan serta Pangdam Sriwijaya, untuk kemudian diserahkan kepada dinas terkait yang ditugaskan mendistribusikan oksigen gratis ini ke rumah sakit yang membutuhkan.

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir menerima secara simbolis bantuan oksigen untuk Pemerintah Provinsi Jawa-Barat, PIC Monitoring Program Pengadaan Oksigen Jabar, Elp N dan Wakil Ketua Posko Harian Oksigen Jabar, Begin Troys.

Usai penyerahan, Saleh Husin mengatakan selain Sumsel dan Jabar, Sinar Mas juga akan melakukan penyaluran di daerah lain seperti  Riau, Jambi dan daerah-daerah di Pulau Jawa.

“Dengan mengoptimalkan produksi oksigen cair, kita bisa membantu mengatasi kekurangan oksigen di wilayah Sumatera Selatan, Riau, Jambi dan Pulau Jawa,” kata   Saleh Husin.

“Ini murni program CSR kami karena melihat masih tingginya permintaan oksigen dan langkanya ketersediaan di masyarakat. Kami berharap, langkah ini bisa membantu pemerintah untuk segera menurunkan angka positif Covid-19 di Indonesia,” tambah Saleh.

Pengiriman perdana ini sedianya akan segera diikuti dengan pengiriman ke wilayah lain yang membutuhkan. Pengiriman perdana dilakukan dengan menggunakan 2 unit ISO Tank kapasitas 15 ton (total 30 ton) untuk diangkut ke pusat distribusi dan nantinya akan dilakukan pengisian ke dalam tabung-tabung oksigen untuk segera didistribusikan kepada rumah sakit yang membutuhkan.

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru , mengapresiasi kepedulian Sinar Mas yang telah menyalurkan CSR nya berupa pemberian oksigen untuk kebutuhan medis dalam penanganan Covid 19 kepada rumah sakit di Palembang yang membutuhkan oksigen.

 “Ini semua atas inisiasi bapak Kapolda Sumsel yang telah mengajak perusahaan di Sumsel yang memproduksi oksigen untuk menyalurkan bantuan medis bagi rumah sakit yang membutuhkan. O2 merupakan sarana kehidupan yang paling utama dibutuhkan manusia,” tuturnya.

Inisiatif Sinar Mas untuk berkontribusi dalam penyediaan oksigen untuk penanganan COVID-19 juga diapresiasi oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK).

“Penanganan COVID-19 membutuhkan peran serta dari berbagai pihak. Sumbangan oksigen dari Sinar Mas ini merupakan salah satu wujud nyata kontribusi dari para pelaku usaha di bidang kehutanan, untuk meringankan beban pemerintah pusat,” ujar Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono yang sekaligus merupakan Penanggung Jawab Satgas Covid lingkup KLHK di tempat terpisah.

PT.OKI Pulp & Paper Mills merupakan salah satu unit usaha Sinar Mas yang beroperasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan, yang mendapat pasokan bahan baku dari para mitra pelaku usaha kehutanan.

Sebagai perusahaan yang juga menyandang status sebagai Objek Vital Nasional, selain sebagai penggerak perekonomian, juga memiliki fungsi yang sangat strategis untuk mendukung pemerintah mengatasi Covid-19.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button