DestinationHeadline NewsTourism

Kunjungan Wisatawan ke Malang Naik 35 Persen

 

Bicara pariwisata di Malang tidak ada habisnya, wajar jika kota Apel ini selalu didatangi wisatawan baik wisatawan mancanegara (wisman) atau wisatawan nusantara (wisnus). Bahkan kunjungan wisatawan ke Malang mengalami peningkatan 35 persen atau mencapai 4 juta orang.  Angka ini terdiri dari 9.535 orang wisatawan mancanegara dan domestik mencapai 3.987.074 orang.

Kepala  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan untuk mendongkrak kunjungawan wisatawan, sejumlah upaya perlu terus dilakukan termasuk dengan menyapa sistem aplikasi informasi pariwisata kota Malang berbasis android. “Ini sebagai sarana bagi pelaku industri pariwisata dalam penyampaian informasi dan promosi kegiatan usahanya yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat yang ingin mengetahui apa saja yang ada di pariwisata Kota Malang,” kata Ida di Kota Malang, Kamis, 13 Juli 2017.

Pelibatan guru juga menjadi salah satu upaya Kota Malang dalam meningkatkan pariwisatanya. Hal ini terlihat dari kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata RI yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang. Dalam acara Pemberdayaan Kepariwisataan Bagi Guru ini hadir 200 guru SMA/SMK/Dosen berjumlah yang berasal dari seluruh Kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Wali Kota Malang, Mochammad Anton mengatakan, pelibatan ini penting untuk menjadi penguat sekaligus memberikan satu kontribusi pemikiran yang positif bagi kemajuan pembangunan di bidang pariwisata. “Saya berharap kepada para guru nantinya dapat menguasai dan memahami potensi wisata daerah, menjadi kader sekaligus agen perubahan dalam pengembangan kepariwisataan di tanah air serta mampu mencetak sdm profesional bagi pengembangan potensi pariwisata;” ujar pria yang biasa disapa Abah Anton ini.

Di kesempatan sama, Kepala Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali, Dewa Gde Ngurah Byomantara menyampaikan, untuk mewujudkan pariwisata sebagai prioritas pembangunan nasional memang memerlukan keterlibatan kalangan sekolah. Pembangunan Pariwisata dengan melibatkan sekolah akan menjadi sebuah gerakan yang efektif karena dipelopori oleh guru sebagai kader atau agen perubahan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button