CultureHeadline News

Libatkan Banyak Peserta, Pertunjukan Musik Bambu Tada Pecahkan Rekor MURI

Festival Morotai, di Maluku Utara berhasil mencetak rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Rekor yang dipecahkan yakni  banyaknya peserta yang ikut dalam pertunjukan musik Bambu Tada . Jumlah peserta mencapai 2.000 peserta.

Para peserta tersebut merupakan  anggota masyarakat yang berasal dari berbagai kalangan dan usia. Pada penampilannya, pemain bambu tada juga membentuk berbagai formasi menarik sambil memainkan alat musik itu. Untuk mencapai hasil yang baik, persiapan pun sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelum penampilan. Setiap sore, para peserta berlatih bersama tim koreografer Eko ‘Pece’ Supriyanto.<

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang berkesempatan menyaksikan pemecahan rekor MURI mengatakan turut bangga dengan pencapaian masyarakat daerah Morotai. Menpar menyaksikan pemberian piagam penghargaan dari MURI kepada Bupati Morotai.

“Daerah ini luar biasa. Masyarakatnya sangat kompak, alamnya bagus, daerahnya juga menyimpan nilai sejarah. Semoga Morotai bisa menarik minat kunjungan wisatawan lebih banyak lagi,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (8/8/2019)

Untuk memajukan wisata Morotai, Menpar mendukung usulan Bupati Morotai Benny Laos agar membuka lima rute penerbangan langsung dari luar negeri ke Morotai serta pengembangan kapasitas bandara untuk menampung lebih banyak wisatawan.

“Kementerian Pariwisata berkomitmen untuk mempromosikan potensi pariwisata Morotai di ajang bergengsi misalnya bursa promosi pariwisata bergengsi di luar negeri,” tambahnya lagi.

Menpar juga mengapresiasi rencana Bupati untuk membangun Poltekpar Sahid dan berjanji mendukung pengembangan SDM melalui skema 3C, yaitu Curriculum berstandar global, Certification untuk keterbukaan peluang kerja di tingkat regional, dan Center of Excellence untuk pengembangan potensi wisata daerah.

“Pengembangan kualitas dan penambahan kuantitas SDM perlu dilakukan agar daerah tujuan wisata dapat memberikan pelayanan terbaiknya,” kata Menpar

Festival Morotai tak hanya menyuguhkan pertunjukan musik Bambu Tada, ada banyak pertunjukan menarik lainnya seperti Parade Budaya dalam Bahari Pulau Morotai, Pekan Seni Morotai (lomba fotografi, lomba kerajinan tangan), Pekan Olimpiade Morotai (lomba dayung), Festival Musik dan Tari Tradisional serta Lomba Mancing berskala internasional atau Fishing Morotai dan Festival Pesona Kirab Nusantara Morotai.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close