DestinationHeadline NewsTourism

Libur Lebaran, Sejumlah Objek Wisata Pasang Target Jumlah Pengunjung

Sudah menjadi tradisi libur Lebaran akan dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi obyek wisata. Berkunjung ke objek wisata biasanya dimulai usai merayakan lebaran di hari pertama. Melihat fenomena itu, objek wisata di sejumlah daerah pun mempersiapkan diri untuk tampil cantik disaat dikunjungi wisatawan di saat libur Lebaran. Bahkan banyak pengelola objek wisata yang memasang target jumlah kunjungan.

Taman Margasatwan Ragunan (TMR) misalnya, untuk libur Lebaran  tahun ini salah satu objek wisata di Jakarta itu menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 700 ribu orang. “Kami prediksi jumlah pengunjung untuk delapan hari pelayanan (25 Juni-2 Juli) saat libur lebaran mencapai 700 ribu orang,” kata Dina Hemawati, Kepala Pengelola TMR.

Untuk tiket masuk pengunjung dewasa dikenakan Rp4.000 per orang, sementara anak-anak Rp3.000 per orang. Dan untuk tiket masuk wahana serta fasilitas, seperti taman satwa anak Rp2.500, perahu angsa Rp18.000, sepeda Rp10.000-Rp 15.000 per orang. Sementara tarif masuk Pusat Primata Schmutzer R 7.500 per orang.

“Kami melakukan sosialisasi melalui media sosial terkait potensi banyaknya pengunjung selama libur lebaran. Diimbau agar pengunjung dapat mengatur waktu kunjungannya dan menghindari jam padat, antara jam 10.00 sampai pukul 12.00,” tandasnya.

Hal serupa juga dilakukan  PT Taman Wisata Candi (TWC) yang mengelola tiga candi besar yakni Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. PT TWC  menargetkan 500.000 pengunjung ketika libur Lebaran. Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Ricky Siahaan menjelaskan dengan prediksi puncak libur Lebaran pada 22 Juni – 2 Juli, pihaknya menargetkan kenaikan wisatawan di tiap candi maksimal 10% dibandingkan tahun lalu.

“Seperti objek wisata Candi Borobudur, kami prediksi ada kenaikan 8% dibandingkan dengan tahun lalu sehingga ditargetkan ada 316.792 pengunjung. Selama 11 hari itu, pengunjung juga akan dihibur berbagai kegiatan kesenian,” jelas Ricky.

Tidak mau ketinggalan, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) juga melakukan prediksi jumlah kunjungan wisatawan. Disparbud Kota Padang memprediksi jumlah wisatawan atau pengunjung setiap harinya mencapai 28 ribu orang pada musim libur Lebaran.

Puncaknya, kepadatan wisatawan akan mulai terjadi dari 29 Juli hingga 2 Juli.

“Biasanya H+1 hingga H+7 setelah Lebaran, wisatawan sudah mulai berkunjung ke Kota Padang. Namun puncaknya diperkirakan H+3 hingga H+7,”ujar Medi.

Lebih lanjut dikatakan Medi, prediksi pengunjung yang paling ramai yakni di Pantai Padang sekitar 10 ribuan perhari. Lalu, pulau-pulau di Kota Padang sekitar 6 ribu sampai 7 ribu orang perhari. Kemudian, Pantai Air Manis sekitar  3 ribuan perhari,  pusat perbelanjaan  Transmart sampai 7 ribu perhari, dan Taman Hutan Raya Bung Hatta (Tahura) sekitar seribu orang perhari. (Sumber sejumlah media online)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button