DestinationTourism

Lombok Utara Disiapkan Menjadi Tujuan Pariwisata dan Geo-Ekonomi Indonesia

Copyright: indonesia.travel
Copyright: indonesia.travel

Bandar Kayangan dan Mandalika di Nusa Tenggara Barat akan dikembangkan untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Pembangunan Kota Baru Global Hub Bandar Kayangan di Kabupaten Lombok Utara dan Kawasan Mandalika dinilai memiliki keunggulan geo-ekonomi dan geo-strategi dimana berfungsi untuk menampung  kegiatan  industri,  ekspor-impor, dan pariwisata.

Dikutip dari Indonesia Travel, Kayangan dipilih sebagai bandar persinggahan kapal-kapal besar. Selat Lombok sebagai alur laut kepulauan Indonesia II dari Samudra Hindia menuju Samudra Pasifik menjadi pilihan pengalihan lintasan 40 kapal dunia yang selama ini melintasi Selat Malaka yang dianggap sudah padat.

Sementara itu, Mandalika yang memiliki luas 1.035,67 ha akan menjadi bagian dari Zona Pariwisata karena lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL). Mandalika merupakan tujuan wisata bahari dengan pantai berpasir putih dan panoramanya yang indah. Lokasinya pun berdekatan dengan Pulau Bali.

Kawasan tersebut nantinya akan dikembangkan dengan menggunakan teknik baru, inovatif, pengolahan air daur ulang, pembuangan limbah, serta penggunaan energi efisien. Tak lupa akan disediakan pula sekitar 3000 hektar sebagai kawasan konservasi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button