Headline NewsTourism

Luncurkan Calendar of Event 2021, Ganjar: Digelar Secara Hybrid Jadi Solusi Terbaik

Untuk memulihkan kembali sektor pariwisata, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) meluncurkan Calendar of Event Jawa Tengah 2021. Peluncuran ini dilakukan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Poncowati Ballroom Patra Convention Hotel Kota Semarang, Rabu (7/4/2021).

Ganjar menyambut baik hadirnya Calendar of Event  ini di tengah pandemi Covid-19. Banyak solusi yang dapat dijalani agar event-event pariwisata di Jateng tetap dapat terlaksana, salah satunya dengan konsep hybrid.

 “Calendar berjalan event juga berjalan. Tapi agak sedikit berbeda tidak seperti sebelum pandemi. Hybrid adalah solusi terbaik,” ujar Ganjar, pada acara yang berbarengan dengan Pembukaan Popda Virtual ini.

Orang nomor satu di Jateng ini mengakui ada perbedaan pagelaran secara tatap muka dengan hybrid. Tentu dengan tatap maka akan maksimal, karena yang hadir di event akan merasakan langsung. Kendari demikian hybrid tetap bisa optimal dalam menggelar suatu event. “Memang mungkin tidak maksimal, tapi itu yang paling optimal,” imbuhnya.

Foto sebelum pandemi

 Ganjar mengungkapkan, event pariwisata di Jateng secara hybrid pernah digelar di Jateng dan hasilnya cukup memuaskan. Event tersebut adalah  Tour De Borobudur dan Borobudur Marathon.

“Hybrid ini pernah kita terapkan di Borobudur Marathon, ada yang lari elit marathon ada yang lari cara virtual. Sama juga Tour De Borobudur, kita preteli menjadi tim kecil-kecil, 22 kali kita laksanakan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho Rachmadi menyampaikan, pelaksanaan Calendar of Event Jawa Tengah 2021 akan melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan kondisi dan situasi yang ada.

Foto sebelum pandemi

“Tadi Pak Gubernur telah menyampaikan tanggal dan bulan kita berikan durasi. Dan pelaksanaannya mencermati kondisi pandemi dan disesuaikan situasi yang ada,” tandasnya.

Untuk diketahui, Calender of Event Jawa Tengah memiliki keunikan dan merupakan bagian dari budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat. Beberapa diantaranya yang menjadi keunggulan adalah Dieng Culture Festival (DCF), Festival Cheng Ho, Festival Kota Lama, Festival Payung Indonesia, Solo International Performing Arts (SIPA), Borobudur Marathon, Borobudur International Festival (BIF), Festival Jamu dan Kuliner, Solo Batik Carnival (SBC), dan Festival Sindoro Sumbing. 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close