Headline NewsSportsTourism

Majukan Hoki Es Indonesia, Ice Salamanders Diluncurkan

Hoki es adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan di lapangan es serta menjadi salah satu olahraga dengan sebutan “the fastest game on earth” dikarenakan tempo permainan dan seluruh aksinya selama pertandingan. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing berusaha mencetak skor dengan memasukkan puck (sebutan untuk bola didalam hoki es) ke dalam gawang musuhnya.

Hoki es telah sejak lama populer di negara-negara yang bermusim dingin seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia. Namun kini, olahraga ini juga telah dijadikan ajang kompetisi internasional oleh negara-negara beriklim tropis. Tim dewasa hoki es Indonesia pun sudah 2 kali mengikuti ajang internasional seperti Asian Winter Games 2017 di Jepang dan SEA Games 2017 di Malaysia. Dan untuk tim remaja hoki es Indonesia telah berhasil mengamankan posisi peringkat 3 pada ajang “ SEA Youth Cup 2017 , Malaysia” yang merupakan lanjutan event SEA GAMES 2017.

Klub hoki es “Ice Salamanders” terbentuk resmi pada tanggal 11 Desember 2017, dan sebelumnya telah menjalankan beberapa program latihan bagi atlet muda yang bergabung menjadi anggota klub ini. Menurut Ronald Wijaya selaku Headcoach, saat ini klub Ice Salamanders tengah mempersiapkan tim atlet muda hoki es untuk mengikuti turnamen Singapore Ice Dragons Classic yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 Februari 2018 – 3 Maret 2018 di Singapura.

 “Ini merupakan insiasi pelatih dan orangtua atlet klub Ice Salamanders agar hoki es Indonesia bisa bergema di ajang dunia. Kami merumuskan suatu metode pembinaan yang mampu menghasilkan atlet muda berkualitas dengan penuh semangat perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam cabang olahraga ini,” imbuhnya.

Menurutnya, klub ini didukung penuh oleh Federasi Hoki Es Indonesia (FHEI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan BX Rink Bintaro Jaya Exchange Mall.

 “Misi kami adalah menciptakan atlet muda hoki es yang professional melalui sistem latihan yang terprogram. Sedangkan visi kami jangka panjang adalah membentuk generasi muda yang sehat, beretika dan berprestasi.”

 Saat ini Ice Salamanders sudah memiliki anggota sebanyak 20 atlet muda dengan rentang usia umur 7 tahun – 15 tahun dengan komposisi 17 player dan 3 goalie (sebutan untuk kiper didalam hoki es).

 “Kami menerapkan metode pengajaran yang terintegrasi dan berkelanjutan. Disebut terintegrasi karena latihan on-ice, off-ice dan hockey camp mengacu pada silabus sehingga pembelajaran anak-anak mempunyai tahapan dan target yang jelas. Dan disebut berkelanjutan karena seluruh latihan mereka akan terimplementasi melalui liga persahabatan dan turnamen luar negeri yang secara rutin terjadwal untuk diikuti,” tutupnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button