CultureHeadline NewsPageants

Marchella Mulyawan Siap Jalani Amanah Sebagai Miss Chinese Indonesia 2021

Sabtu, 7 Agustus 2021 menjadi hari yang spesial bagi Marchella Mulyawan. Di hari itu, wanita cantik kelahiran 25 Maret 1999 ini, meraih gelar tertinggi di kontes Miss Chinese Indonesia 2021 yang diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia secara virtual serta disiarkan langsung oleh EL JOHN TV. Gelar tersebut yakni dinobatkannya Marchella Mulyawan sebagai Miss Chinese Indonesia 2021.

Marchella Mulyawan menyatakan kesiapannya menjalankan amanat ini, khususnya dalam memperkenalkan kebudayaan Tionghoa-Indonesia kepada dunia.  Bahkan Marchela telah memiliki program promosi  yang nantinya akan didistribusikan melalui media sosial.

“Langkah yang paling mudah itu adalah menggalakan kampanye di sosial media, apalagi yang menarik menurut saya di kebudayaan Tionghoa itu ada festival-festival yang dalam satu tahun itu tanggal pelaksanaannya tidak terlalu jauh ya, jadi kita terus diingatkan dengan kebudayaan tersebut. Festival ini di masa pandemi kan kebanyaknya acaranya daring ya, secara online, webinar atau zoom. Nah saya sendiri akan ikut turut serta dalam acara-acara tersebut.Bukan sekedar meramaikan ya, tetapi menjadi perwakilan baru untuk menghidupkan kembali kebudayaan Tionghoa-Indonesia,” kata Marchella saat diwawancara tim liputan EL JOHN News baru-baru ini.

Marchella mengungkapkan   di tengah pandemi, media sosial memiliki peran penting dalam memperkenalkan suatu produk, apalagi untuk menggunakan media sosial tidak terlalu sulit dan setiap orang memiliki media sosial  Selain itu media sosial memiliki jangkauan yang luas hingga ke negara lain. Karena itu, memperkenalkan budaya Tionghoa-Indonesia melalui media sosial merupakan salah satu cara yang efektif.

“Secara keadaan dan kita melihat situasi sekarang bahwa daring itu menjadi satu-satunya pilihan. Jadi saya menyebut promosi lewat media sosial menjadi efektif, karena manusia itu bisa kreatif  dengan segala macam fitur, dengan segala macam kekreatifan dan keunikan jadi kita bisa membuat konten sedemikian menarik  dan berbeda sehingga menjadi daya tarik orang banyak di media sosial,” ujar Marchella.

Terkait namanya terpilih sebagai pemenang, Marchella mengaku terkejut. Ia tak mengira dirinya yang terpilih sebagai penerus Aldora Helsa Goewyn (Miss Chinese Indonesia 2020), padahal tidak ada target apapun yang dipasang Marchella dalam kontes ini., hanya saja yang lakukan Marchella di kontes ini dapat memberikan penampilan yang terbaik semaksimal mungkin.

Gelar ini merupakan suatu kehormatan bagi Marchella karena telah dipercayakan untuk mengembang tugas sebagai duta kebudayaan Tionghoa-Indonesia

“Jadi saya merasa sedikit kaget juga ya apalagi pada saat detik-detik diumumkan seperti percaya tidak percaya. Tapi itu dia kehormatan dan tanggung jawab besar ya, saya juga sangat berterima kasih kepada Yayasan EL JOHN Indonesia beserta jajaran dewan jurinya yang sudah mempercayakan tanggung jawab besar dan kehormatan ini kepada saya,” ungkap Marchella.

Memahami dan mempelajari materi yang diberikan narasumber saat masa karantina  menjadi salah satu persiapan yang dilakukan Marchella untuk meraih gelar ini. Pembekalan yang didapat menjadi acuan Marchella dalam menghadapi grand final.

“Menuju malam grand final saya coba review ya buka-buka kembali dari pembicara selama karantina virtual, karena materinya kan luas ya, tidak hanya bicara kebudayaan Tionghoa-Indonesia, tapi kita sebagai individu atau sebagai public figure yang nantinya dikenal orang kita harus memiliki wawasan yang luas dan public speaking juga, karena waktu itu pernah ada pembekalan tentang public speaking, lalu ada tentang filosofi Tionghoa-Indonesia, akulturasi kebudayaan pokoknya luas yang terpenting visi misi, seperti kita sebagai duta kebudayaan Tionghoa-Indonesia itu akan seperti apa, apa yang mesti kita kontribusikan,” ucap  Marchella.

Selain itu, Marchella juga menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pihak panitia selama menjalani masa karantina. Tugas yang dibuat itu, tak lepas dari peran keluarga utamanya sang ibu yang selalu setia mendamping Marchella selama mengikut kontes paling bergengsi di Indonesia ini.

Salah satu tugas yang dijalani Marchella adalah membuat video memperkenalkan budaya Tionghoa-Indonesia di Pulau Belitung. Video tersebut dibuat dengan saran dari sang ibu yang asli dari Pulau Belitung.

“Kita lumayan kompak sih. Kita sempet planning kira-kira aku buat tantangan ini oke ga, jadi kita selalu konsultasi sama orangtua, terutama mama saya, karena beliau asli dari Pulau Belitung dan beliau lahir di Belitung,”  ujar Marchella.

“Lalu tantangan yang lain kita banyak di sosial media. Jadi promosi kebudayaan Tionghoa, membuat konten-konten dari rumah saja, kita bermodalkan koneksi internet, kita belajar secara daring, terus ada lives di Instagram seperti itu,” tambahnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close