Pageants

Martinus Johnnie Sugiarto Berpesan Kepada Finalis MEI 2020 Bangun Networking

Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto kembali memberikan pembekalan kepada para finalis Miss Earth Indonesia 2020 pada karantina virtual sesi ketiga, Rabu (7/10/2020). Kali ini, materi yang diberikan mengenai pentingnya menjalin dan menjaga networking atau jaringan.

Johnnie menerangkan seseorang yang dapat menjaga hubungan dengan  networking-nya kelak akan mendapat kemudahan  untuk membantu pekerjaannya.

Menjaga networking selalu diterapkan Yayasan EL JOHN Indonesia kepada putri binaannya. Pasalnya, tidak sedikit kegiatan para putri yang melibatkan  orang-orang penting seperti dari kepala daerah maupun para  CEO perusahaan swasta.

“Dalam  20 provinsi ini, tentu setiap dia pergi ke suatu daerah, dia kenalan dengan orang tertentu di daerah itu. Katakan lah kalau acaranya dibuat oleh Bupati, dia bisa kenalan dengan ibu Bupati. Kalau acaranya dibuat dia akan kenal dengan ibu Gubernur, dia kenal dengan EO setempat, kenal dengan putri-putri daerah setempat,” kata Tokoh Pariwisata Nasional ini.

Tidak hanya di dalam negeri saja, namun kegiatan para putri juga ada sampai ke sejumlah negara.  Di negara lain, para putri dapat berkesempatan berkenalan pejabat tinggi dinegara tersebut, bahkan dari beberapa pengalaman ada juga yang bertemu dengan kepala negara.

“Kita menugaskan putri kita ke Brunei Darusallam ketemu dengan Sultan Bokiah. Itu panggung yang tidak kecil, itu panggung yang sangat besar, yang sangat memungkinkan putri-putri memanfaatkan momen itu untuk anda membangun networking. Jadi banyak putri kita sudah ke Amerika, sudah ke Paris, sudah ke Milan, sudah ke Belanda bahkan sudah ke Rusia.,” ujar Johnnie.

Menurut Johnnie, ada strategi yang diberikan putri-putri untuk menjalin networking. Strategi itu tidak hanya sebatas saat berkenalan,  namun harus ada tindak lanjut kedepan.

“Itulah sebabnya, saya selalu bilang kepada para putri, kalau berkenalan dengan orang, kasih kartu nama kita, terus minta kartu nama mereka. Setelah itu networking-nya harus dipelihara, jangan sampai sudah kenalan, selesai begitu saja. Jadi ada komunikasi, tidak apa-apa bilang kalau ada yang bisa dikerjasamakan bisa hubungi saya,” ungkap CEO EL JOHN Media ini.

Di akhir pembekalannya, Johnnie  kembali berpersan kepada para finalis “Pertama bangun networking  dan yang kedua bagaimana menjaga networking itu agar tetap tersambung, jangan sampai silaturahmi yang sudah terbangun putus, itu lah yang harus anda perhatikan,” pesan Johnnie.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close