DestinationHeadline NewsSportsTourism

Melalui Malang Becah Run, Diharapkan Destinasi Wisata di Malang Mendunia

Sebanyak 800 pelari yang berasal Malang Raya dan sejumlah kota/kabupaten tetangga seperti Surabaya, Jombang, Pasuruan, Probolinggo dan Sidoarjo ikut ambil bagian dalam event Malang Beach Run (MBR) tahun 2019, dengan mengambil start jembatan Pantai Ungapan dan finish di Pantai Nganteb, Kabupaten Malang, Sabtu (12/10) sore. MBR ini digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang merupakan bagian dari Malang Beach Festival dalam rangka menyambut Hari Jadi ke 1259 tahun Kabupaten Malang.

Sebanyak 800 peserta terbagi dari kategori peserta masyarakat umum dan TNI-Polri dengan sama-sama wajib menyelesaikan jarak lari kurang lebih 15 km. Start dilakukan dua kali diawali para peserta kategori umum oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Made Arya Wedantara. Kemudian, pada start kedua diikuti 500 peserta kategori TNI-Polri yang terdiri dari 16 kesatuan di Malang Raya diberangkatkan Danrem 083/Baladhika Jaya, Kol. Inf. Zainuddin didampingi Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM.

”Malang Beach Run merupakan ajang bertujuan turut mendukung upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Malang, dan mengangkat obyek wisata agar semakin dikenal masyarakat umum. Harapannya ke depan, akan lebih banyak lagi yang ikut berpartisipasi. Serta, Malang Beach Run ini menjadi event kelas internasional, dan destinasi wisata Kabupaten Malang semakin mendunia,” terang Danrem 083/BDJ didampingi Dandim 018 Kabupaten Malang/Kota Batu, Letkol. Inf. Fery Muzawwad sembari menyebut TNI-Polri siap mengawal para peserta yang berpartisipasi merasa nyaman selama mengikuti MBR sejak dari start hingga finish.

Para peserta yang start dari Jembatan Pantai Ungapan yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan begitu bersemangat menuntaskan tantangan berlari sepanjang 15 km. Pemkab menggelar event ini sebagai langkah pengenalan pariwisata pantai di kawasan Malang raya. Perlombaan lari ini mengambil rute dengan melintasi Jalur Lintas Selatan (JLS) yang berada di sepanjang bibir pantai Malang selatan. Para peserta pun berkesempatan menikmati view indah Pantai Ungapan, Bajul Mati, Batu Bengkung, Parangdowo dan Ngudel. Saat berada di Pantai Nganteb, tempat finish, para peserta juga bisa menikmati sunset dan sejumlah hiburan live musik, permainan/perlombaan, dan event Malang Beach Culinary.

”Semoga Malang Beach Run dalam rangkaian Malang Beach Festival ini menjadi terdepan sekaligus mampu menembus sebagai event internasional. Pengemasan lebih bagus lagi dan promosi bisa lebih tertata. MBR suguhkan rute menarik bagi peserta dengan view JLS yang bagus. Pemkab akan terus perbaiki dan mengembangkan. Dari MBR ini membuktikan Pemkab Malang tidak hanya menyajikan destinasi wisata saja, melainkan berhasil menggelar event yang mampu menarik pengunjung atau peserta datang ke Kabupaten Malang. Harapannya, bisa mendongkrak jumlah kunjungan untuk mengkonsumsikan jasa, barang dan kuliner. Semakin banyak pengunjung, maka akan banyak uang yang masuk di Kabupaten Malang,” terang Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM, terpisah.

MBR yang merupakan bagian dari MBF digelar sebagai rangkaian kegiatan dalam merayakan Hari Jadi ke 1259 Kabupaten Malang yang akan jatuh tepat pada 28 November mendatang. Sebelumnya, Pemkab Malang juga baru saja menggelar Kirab Budaya yang start finish di Jalur Lintas Barat Kota Kepanjen. Berikutnya, akan menggelar Malang Night Surfing di Pantai Wedi Awu, Kecamatan Tirtoyudo. (Sumber Pemkab Malang)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close