AccommodationHeadline NewsTransportation

Menhub Minta Bandara Buka 24 Jam Selama Musim Mudik

Tempat pemberangkatan tranportasi massal  bakal disibukan dengan kedatangan   para pemudik yang ingin berlebaran di kampung halamannya. Tempat tersebut harus dapat memberikan rasa nyaman dan aman  untuk pemudik. Bandara menjadi salah satu tempat pemberangkatan transportasi jenis pesawat yang tidak sepi akan kedatangan para pemudik. Diprediksi bandara akan dipenuhi pemudik pada h-5 lebaran.

Untuk mengoptimalkan pelayanan bandara kepada pemudik, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi minta operator bandara untuk menambah jam operasinya menjadi  24 jam sehari pada masa angkutan Lebaran 2017. Bandara itu terutama yang berada di wilayah Jawa-Bali.

“Kami minta operator bandara menyiapkan persiapan mudik Lebaran dengan baik. Selanjutnya operator bandara kami minta beroperasi sampai jam 24.00.  Ada beberapa Bandara, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Bali, ya kami minta 24 jam supaya ada tambahan kursi,” ujar Menhub Budi seusai memimpin upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila, di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Cibitung, Bekasi, Kamis 1 Juni 2017.

Menurut Menhub berdasarkan data yang masuk di Kementerian Perhubungan , sektor udara menjadi salah satu moda yang banyak dipilih pemudik. Bahkan terjadi kenaikan jumlah  pemudik yang menggunakan pesawat dari tahun ke tahun

“Memang bandara udara itu pertumbuhan sebesar 9 persen, jadi kami harus melihat. Makanya selain akses darat di Cipali, Gambir, dan akses laut di Merak, kami juga harus melihat persiapan di Soekarno-Hatta,” kata Budi.

Selain itu, Menhub juga meminta kepada para persuhaan maskapai untuk tidak  memanfaatkan momen mudik sebagai upaya menaikan tariff tiket dari harga batas wajar  “Kami memang menghimbau kepada operator-operator airlines supaya tidak melakukan kenaikan. Ya wajar kalau masih 10 persen,” kata Budi.

Menhub  pada kesempatan itu juga mengingatkan agar para pemudik melakukan persiapan mudik sebaik mungkin dan memilih waktu mudik lebih awal. Ia memperkirakan puncak mudik akan terjadi pada 23 Juni 2017 atau H-3.

Dikatakan, Kemenhub terus memantapkan persiapan jelang mudik lebaran. Ada tiga lintasan untuk jalur mudik, yaitu Pantura, Cipali, dan selatan. “Gunakan  tiga jalur, ada Pantura, ada Cipali, dan ada jalur selatan. Sehingga tidak macet di satu tempat. Kalau kebanyakan ke Cipali, kita akan buka tutup dan kita arahkan ke selatan atau ke utara,” tambahnya.

Menhub juga mengatakan, angkutan motor tumbuh lebih dari 10 persen. Oleh karena itu, khusus untuk motor, diharapkan memanfaatkan mudik gratis motor dan mudik gratis orang sejumlah 208.000. Masyarakat diminta mempertimbangkan untuk menggunakan angkutan mudik yang lain selain motor

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button