Transportation

Menhub: Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Besok Hingga Lusa

H+2 Lebaran Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada besok sampai lusa. Selain itu Menhub juga menyebut peningkatan kepadatan kendaraan akan mulai terjadi pada Senin (18/6).

“Kalau saya lihat hari ini belum maksimal, sepertinya (puncak arus balik) akan terjadi 19-20 Juni tapi saya tetap mengimbau kalau sekarang pulang itu masih sepi atau pulang setelah tanggal 20 Juni,” kata Menhub usai melakukan tinjauan udara ke Jembatan Kalikutho, Jawa Tengah, Senin (18/6).

Berdasarkan hasil pantauan Menhub Budi mengatakan arus lalu lintas khususnya di sekitar Jembatan Kalikutho masih landai.

“Tampaknya dari udara lalu lintas masih landai jadi masih satu-dua mobil tapi setelah kita pantau dari atas di Kalikutho ada suatu antrian yang tidak signifikan katakan mungkin 1 kilometer karena di Kalikutho sebagian masuk ke Jembatan Kalikutho sebagian masuk ke jalur nasional,” ujarnya.

Terkait antisipasi arus balik ini, Menhub menceritakan dirinya berbagi tugas dengan Kapolri Tito Karnavian. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua fungsi pendukung kelancaran arus mudik berjalan dengan baik.

Selain melakukan peninjauan udara rencananya Menhub juga akan meninjau kesiapan di sejumlah titik rest area di ruas tol mulai dari Batang hingga Cikopo.

“Kalau siap siaga kita lakukan full ya bahkan kita akan bagi tugas antara Kemenhub dengan Polri. Kapolri akan siaga di Cikopo, saya berkeliling karena saya harus lihat, semua siap Polri, Kementerian PUPR, Pertamina, Jasa Marga full support, hari ke hari ini hanya melihat gadget untuk memastikan bahwasanya fungsi masing-masing stakeholder berlangsung dengan baik,” ungkapnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close