Headline NewsTransportation

Menhub: Rest Area di Tol Cipali Harus Ditambah

Menteri Perhubungan (Memhub) Budi Karya Sumadi terus memonitor perkembangan arus mudik Lebaran 2018. Salah satu yang menjadi perhatian Menhub yakni rest area Tol Cipali. Pasalnya, tol Cipali merupakan puncak pemudik untuk melepas lelah. Karena itu, Menhub meminta pengelola Jalan Tol untuk menambah rest area di ruas tol yang paling banyak dilintasi pemudik itu.

“Saat ini di tol itu hanya ada dua rest areadan jumlah itu sangat kurang. Harus ditambah jumlahnya agar ada banyak lokasi istirahat,” kata Menhub Budi Karya kepada pers di Cikarang, Jawa Barat, Rabu, 13 Juni 2018.

Menhub menyebur lahan datar di Tol Cipali masih tersedia dan dapat dijadikan untuk menambah rest area.

Menhub menerangkan dari pemantauan udara, saat ini rest area yang tersedia justru membuat antrian mengular. Antrian itu terjadi jelang rest area. Jika ditambah, antrian dapat diminimalisir.

“Melihat dari pemantauan tadi dari udara di tol Cipali, saya menilai perlu ada penambahan rest area dan sangat mendesak,” terang Menhub.

Menhub mengatakan memang untuk jangka panjang penambahan area istirahat ini penting saat arus mudik dan balik setiap tahun.

Jalan Tol Cipali paling banyak didominasi oleh trek lurus dengan panjang mencapai 116,75 km. Trek lurus di tol ini dimulai dari
dari gerbang tol Cikopo di KM 78 hingga sekitar KM 120. Trek lurus yang panjang membuat pemudik cepat merasa lelah.

Di tol tersebut pengelola tol PT Lintas Marga Sedaya telah menyiapkan empat lokasi rest area yakni di KM 86, KM 102, KM 130, dan KM 166. (Sumber Antara)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close