EconomicHeadline NewsTransportation

Menhub Targetkan 8 Proyek Infrastruktur Rampung di Tahun 2018

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut  ada tujuh proyek infrastruktur strategis  di tahun 2018, yang pengerjaannya di bawah Kementerian Perhubungan. Proyek-proyek itu, sudah dilaporkan kepada Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat rapat koordinasi tingkat Menteri yang membidang kemaritiman, Senin 8 Januari 2018.

Salah satu proyek strategi yang sedang difokuskan pengerjaannya adalah proyek Pelabuhan Patimban di Subang. Kini proyek tersebut  dalam proses tender.

“Kami akan mulai konstruksi bulan Maret dan akan selesai kira-kira Maret tahun depan atau Februari,” kata Menhub usai rapat koordinasi, Senin, 8 Januari 2018.

Untuk proyek yang kedua, ada kereta cepat Jakarta-Surabaya. Menhub menerangkan proyek ini, sudah tahap finalisasi. Finalisasi yang dimaksud adanya  permintaan pemerintah, yang menginginkan harga yang lebih kompetitif dari Jepang sebagai rekan kerja sama. “Juga lihat sejauh mana dapat membangun. Nanti sampe Surabaya atau Semarang juga didiskusikan,” ucapnya.

Budi menjelaskan perkembangan terkini mengenai proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya,  yakni pemerintah telah meminta sekitar Rp 60 triliun kepada Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA). Dia mengatakan angka tersebut masih bisa turun jika kereta direalisasi dari Jakarta ke Semarang lebih dulu. “Mungkin akan kurang dari itu dan ada kemungkinan dibagi dua tahap penyelesaiannya,” tuturnya.

Proyek yang tak kalah penting selanjutnya adalah tol lau. Menurut Budi, proyek ini ada beberapa hal yang sedang dikoreksi pemerintah. Untuk tender, jika tidak ada hambatan akan dilakukan secepatnya

“Tapi kami hanya memberikan tender jumlah muatan yang akan diangkut, jadi tidak mau borong putus,” ujarnya.

Budi menambahkan, proyek Bandar Udara Kertajati di Jawa Barat juga masuk proyek strategis perhubungan. Saat awak media bertanya mengenai tiga proyek strategis lain, Budi tak menjawabnya.

Di sisi lain, kata Budi, ada juga rencana proyek infrastruktur pada 2018 selain yang sudah berjalan, antara lain proyek kereta bandara di Solo. “Itu juga mulai tahun ini,” tutupnya. (Sumber Tempo)

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close