Eco Tourism

Menikmati Keanekaragaman Hayati di Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) merupakan salah satu taman nasional yang terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Taman Nasional Gunung Palung terletak di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Taman nasional ini berada di ketinggian 900-1.116 mdpl.

Taman Nasional Gunung Palung yang memiliki Luas 90.000 hektar merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki keanekaragaman hayati bernilai tinggi, dan berbagai tipe ekosistem antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi kabut.

Taman Nasional ini terbentang di Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap dan Sandai. Sekitar 65 persen kawasan, masih berupa hutan primer yang tidak terganggu aktivitas manusia dan memiliki banyak komunitas tumbuhan dan satwa liar. Taman Nasional Gunung Palung juga merupakan habitat bagi sekitar 2.200 ekor Orangutan dan Mamalia terbesar yaitu Bekantan. Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) adalah satu-satunya kawasan hutan tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas di Kalimantan.

Beberapa fasilitas yang tersedia di taman nasional ini di antaranya pondok jaga, stasiun penelitian, pos jaga, menara pandang/pengamat, jalan setapak dan lain-lain. Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Pulau Datok dan Bukit Lubang Tedong.

Anda tidak perlu khawatir tersesat di kawasan taman nasional ini karena akan ada pemandu wisata yang menemani Anda menjelajahi Taman Nasional Gunung Palung ini. Tak ada salahnya bila anda berkunjung ke Kalimantan Barat, sempatkanlah menikmati kekayaan alam Indonesia di Taman Nasional Gunung Palung (TNGP). Jika Anda tertarik ke sini, musim kunjungan terbaik ada di rentang bulan Juni sampai September setiap tahunnya.

Akses menuju Taman Nasional Gunung Palung Jalur pertama dari Kota Pontianak kamu bisa menuju Ketapang menggunakan pesawat dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam atau menggunakan Express Boat dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Lalu dari Ketapang kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Teluk Melano menggunakan minibus dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Kemudian dari Teluk Melano kamu akan menuju ke TNGP menggunakan Long Boat dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Jalur kedua : menggunakan Express Boat dari Pontianak menuju Teluk Batang dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Dari Teluk Batang dilanjutkan menuju Teluk Melano menggunakan minibus dengan waktu tempuh sekitar 1 jam kemudian lanjut menggunakan Long Boat menuju TNGP dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close