Economic

Meningkatnya Nilai Ekspor Sulsel Dipicu Oleh Ekspor Nikel

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat nilai ekspor yang dikirim melalui pelabuhan Sulawesi Selatan pada bulan Februari 2018 tercatat mencapai US$ 90,58. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 37,13 persen bila dibandingkan di bulan Januari.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS, Akmal, mengungkap bahwa meningkatnya nilai ekspor Sulsel dipicu oleh ekspor nikel sebesar US$ 67,24 juta atau 74,23 persen.

“Ekspor nikel itu paling banyak ke Jepang, kemudian kita juga mengekspor ke Tiongkok, Australia dan negara lainnya,” ujar Akmal di Kantor Badan Pusat Statistik, Makassar, Kamis (15/3/18).

Pada komoditas ini, BPS mencatat kontribusi hingga 74,23 persen dari seluruh komoditas yang menjadi bahan ekspor.

Sedangkan sisanya, terdapat komoditas biji-bijian berminyak dan tanaman obat sebesar 6,36 juta dolar AS atau menyumbang 7,02 persen, kemudian garam, belerang dan kapur sebesar 2,92 juta dolar (3,23 persen).

Untuk komoditas ikan, udang dan hewan air tidak bertulang belakang lainnya sebesar 2,59 juta dolar AS (2,86 persen), lak, getah dan damar sebesar 2,48 juta dolar AS (2,74 persen).

“Jadi ada 10 komoditas ekspor yang kami catat masuk sebagai penyumbang transaksi ini, tapi ada satu gabungan komoditas yang jika kita gabung semua itu juga berkontribusi sekitar 2,72 persen atau sekitar 2,46 juta dolar AS,” kata Akmal.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close