E-CommerceHeadline NewsTechnology

Menkominfo Sebut Virus Petya Lebih Ganas Dari WannCry, Masyarakat Diminta Waspada

Setelah virus ransom (ransomware) WannCry menyerang sistem komputer di seluruh dunia, kini muncul serangan cyber serupa bernama virus ransom PETYA. Sistem komputer di Rusia, Inggris, Spanyol, Ukraina, Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara lain pun diserang.  Negara yang terdampak paling parah adalah Ukraina. Tidak menutupan virus syber ini akan menyerang Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara  menyebut target yang diserang virus ini, Tak tanggung-tanggung, yakni menyerang sektor kelistrikan sampai perbankan.  Karena itu, Rudi menyebut virus Petya lebih ganas dibandingkan virus ransomware WannCry yang pernah menyerang sejumlah negara beberapa waktu lalu.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara  mewanti-wanti agar masyarakat berhati-hati dengan virus Petya ini. Masyarakat diminta  segera melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman serangan ransomware Petya.

Rudi menyarankan agar masyarakat  untuk selalu mem-back up data, menggunakan sistem operasi yang orisinal dan update secara berkala, install antivirus yang di-update berkala, serta gunakan password yang aman dan ganti berkala.. “Pengelola TI di berbagai institusi agar menonaktifkan atau mencabut jaringan lokal/LAN sementara sampai dipastikan semua aman, kemudian back up data ke storage terpisah,” ujar Rudiantara dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 Juni 2017.

Menurut Rudi, Pemerintah tidak akan tinggal diam terkait kehadiran virus perusak sistem komputer ini. Pemerintah terus memantau dan memitigasi pergerakan dari penyebaran virus Petya ini di Indonesia. “Pemerintah terus memantau dan memitigasi pergerakan dari penyebaran virus PETYA ini di Indonesia,” jelas pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Cara bekerja virus Petya mirip dengan ransomware WannaCry yang menyebar pada 13 Mei lalu. Mengacu pada keterangan tertulis lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), virus Petya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk dapat menginfeksi komputer.

Komputer yang terserang Petya akan memunculkan tampilan seakan komputer sedang melakukan proses “checking disk CHKDSK” padahal saat itu Petya sedang mengenkripsi hard drive (piranti keras). Bila komputer mengalami hal ini, langkah yang dapat dilakukan adalah mematikan komputer dan segera mengambil file penting dari komputer dengan LiveCD.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button