CultureDestinationTourism

Menpar Tetapkan Banyuwangi Sebagai Kota Karnaval dan Festival

Menteri Pariwisata Arief Yahya Resmi mengkukuhkan Kabupaten Banyuwangi sebagai ‘The City Of Carnival and Festival‘. Penetapan itu  diumumkan saat me-launching Top 77 Calendar of event Banyuwangi Indonesia Festival 2018 di Balairung Soesilo Sudarman, Kamis (1/2).

“Saya kukuhkan, Banyuwangi sebagai The City of Carnivalnya and Festival,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya di Balairung Soesilo Sudarman.

Penetapan itu punya dasar yang sangat kuat dan tolak ukur yang sangat jelas. Semua dikalibrasi, dinilai hingga dikurasi. Dari 100 event yang diusulkan, Banyuwangi siap menggelar 77 event di sepanjang 2018.

“Untuk atraksi, Banyuwangi tercatat paling cepat berkembang karena melibatkan seluruh potensi masyarakat. Bila tahun 2012 baru ada 12 event, tahun 2017 meningkat menjadi 72  event, dan tahun ini menjadi 77 event dengan sejumlah event unggulan yang masuk dalam Calendar of Event Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018,” tambahnya.

Menpar Arief juga meminta, agar daerah lain bisa mencontoh apa yang dilakukakan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Berkat komitmen pemimpinnya, Banyuwangi bisa cepat ngehits.

Destinasinya kian banyak dikunjungi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Ending-nya, income per kapita Banyuwangi mencapai Rp46,1 juta pertahun. Nominalnya ada di posisi dua setelah Surabaya di Jawa Timur.

“Sektor pariwisata berhasil menggerakkan ekonomi lokal sehingga pendapatan per kapita warga Banyuwangi melonjak. Mulai dari Rp20,8 juta pada tahun 2010 menjadi Rp41,5 juta per orang per tahun pada 2016. Dan di tahun 2017 mencapai Rp46,1 juta pertahun,” ungkap Anas.

Maklum, hal itu seiring tumbuhnya sentra ekonomi baru berbasis pariwisata. Penurunan kemiskinan cukup pesat menjadi 8,79% pada tahun 2016.

“Jauh lebih rendah dibanding rata-rata provinsi Jatim yang masih tembus dua digit,” kata Azwar Anas.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button