Headline NewsInvestment

Menperin Jamin Tak Ada Regulasi Yang Ganggu Investasi

Menteri Perindustrian Airlangga Hartato curhat soal investor asing yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Airlangga mengaku banyak investor asing yang menanyakan kepadanya terkait regulasi berinvestasi yang diterapkan di Indonesia. Airlangga pun menjawab tidak ada regulasi yang akan membuat dunia industri terganggu sehingga enggan berinvestasi dan berekspansi di Indonesia.

Jawaban itu salah satunya ia lontarkan kepada Mattel Indonesia, sebuah industri mainan terbesar yang berpusat di Amerika Serikat itu.

“Ketika saya bertemu industri mainan Mattel Indonesia, dia hanya tanya agar jangan ada regulasi yang mengagetkan. Saya bilang, saya jamin tidak ada regulasi yang mengagetkan, sehingga mereka percaya diri melakukan ekspansi di sini,” kata Airlangga di Jakarta, Kamis, 2 Februari 2018.

Dalam pertemuan tersebut, produsen boneka Barbie dan Hot Wheels tersebut menyampaikan kepada Airlangga, berminat untuk memperbanyak produksi boneka Barbie hingga 90 persen di Tanah Air, di mana saat ini 60 persen boneka tersebut diproduksi di Indonesia.

Bahkan, tidak hanya 60 persen yang akan diproduksi di Indonesia, Martel Indonesia akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya jika regulasi industry dan ilkim investasi yang baik tetap dipertahankan di Indonesia.

“Mereka akan mengotomatisasi yang lain, sehingga dari Amerika hanya keluar desainnya saja dan diproduksi di sini,” tukas Airlangga.

Menurut Airlangga, industri mainan tersebut telah berkomitmen untuk mengimplementasikan sistem Industry 4.0 di Indonesia.

“Mattel berencana untuk memperluas pasar mereka di Indonesia. Bagaimanapun Indonesia merupakan bagian penting rantai pasok global Mattel dengan fasilitas manufaktur boneka fashion terbesar di dunia,” kata Airlangga.

Ia menambahkan, Mattel sendiri mengungkapkan peluang mereka untuk berinvestasi lebih lanjut dengan menghubungkan produksi merek Barbie dan Hot Wheels yang akan menjadikan Indonesia Indonesia menjadi pesaing yang sangat kuat.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button