Tourism

Menteri Pariwisata Optimis Gaet 20 Juta Wisatawan Mancanegara

Copyright: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia
Copyright: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya mengaku optimis pada tahun 2019 nanti Indonesia dapat menarik hingga 20 juta wisatawan mancanegara. Hal ini ia ungkapkan dalam acara Seminar Nasional Kepariwisataan dengan tema “Tantangan Kontemporer Dalam Bisnis dan Investasi Pariwisata” yang diselenggarakan oleh Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila bekerjasama dengan Himpunan  Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada 8 Juni 2015 yang lalu.

Menurutnya, angka 20 juta merupakan keharusan mengingat negara tetangga sudah dapat menarik wisatawan mancanegara diatas angka 20 juta. “Potensi wisata kita lebih besar, hal ini yang membuat saya yakin dapat melampaui mereka,” ujar Arief. Untuk mewujudkan tekad tersebut, berbagai upaya akan terus dilakukan, terutama dalam memperbaiki infrastruktur pariwisata, infrastruktur ICT (Information and Communication Technology), health and hygiene  dan aksesibilitas (conectivity, seat capacity dan direct flight) serta regulasi. Perbaikan infrastruktur juga diharapkan akan mendongkrak daya saing pariwisata Indonesia ditataran global yang saat ini berada di ranking 70 akan meningkat menjadi ranking 30 dunia.

Arief Yahya pun mengungkapkan, bahwa trend pertumbuhan pariwisata nasional serta trend pariwisata dunia dewasa ini terus membaik. Data menunjukkan terjadi pertumbuhan nilai investasi bidang pariwisata yang sangat besar pada tahun 2012 jika dibandingkan dengan nilai pada tahun 2011 yaitu sebanyak 210.86% atau naik dari nilai US $ 279.8 Juta menjadi US $ 869.8 juta. Dampaknya terlihat dari naiknya kebutuhan akomodasi dalam pariwisata. Pada 2013, diperkirakan terdapat permintaan 50.000 kamar hotel baru untuk memenuhi permintaan hotel dan penginapan bagi para wisatawan. Di beberapa daerah mulai dibangun hotel, resort maupun budget hotel.

Data lain menunjukkan, pada 2014 kunjungan wisatawan mancanegara mencapai angka 12 juta, itulah yang membuat Menteri Pariwisata, Arief Yahya optimistis target 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 akan tercapai.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button