Lifestyle

Miliki Citarasa Yang Tinggi, Kopi Sumatra Jadi Favorit di Seluruh Gerai Starbucks Dunia

Kopi merupakan salah satu minuman populer di seluruh dunia. Tak hanya nikmat, manfaatnya yang mampu membuat orang tetap terjaga membuat kopi hampir selalu dijadikan sebagai solusi bagi mereka yang ingin bekerja hingga larut malam. Selain itu, kopi juga banyak dijadikan sebagai teman untuk menghabiskan waktu berbincang-bincang dengan orang kesayangan.

Indonesia termasuk negara yang kaya akan jenis kopinya. Hal ini juga membuat Indonesia menjadi eksportir ke empat terbesar kopi dunia. Dari puluhan bahkan ratusan jenis kopi khas Indonesia, ada beberapa biji unggul yang jadi komoditi ekspor unggulan.

Salah satunya adalah kopi sumatra. Kopi Sumatra merupakan salah satu varietas kopi bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat dan kompleks di antara beragam kopi di dunia. Sebagian besar kopi Sumatra diproses secara kering (dry-processed), tetapi sebagian lagi melalui proses pencucian ringan (semi-washed).

Biji kopi ini mengeluarkan rasa “tanah” dan “rempah”. Hal ini merupakan keunikan tersendiri biji kopi Sumatra sehingga membuatnya menjadi satu dari kopi yang paling dicari di antara jenis kopi yang ada di dunia.

Perlu diketahui, kopi Sumatra ternyata menjadi kopi yang paling digemari di gerai kopi Starbucks, bukan hanya di Indonesia namun juga di mancanegara. Starbucks adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi terbesar di dunia asal Amerika Serikat.

Gerai kopi Starbucks punya beragam pilihan biji kopi, mulai dari asal Colombia, Ethiopia, Kenya hingga Sumatra. Dari banyak biji kopi, kopi Sumatra adalah yang paling banyak digemari.

Chief Operating Officer (COO) Starbucks Indonesia Anthony Cottan mengatakan, kopi Sumatra menjadi jenis kopi paling favorit dan pasti ada diseluruh gerai Starbucks didunia.

“Kami punya kopi asal Sumatra. Starbucks diseluruh dunia hanya menyajikan jenis kopi Arabica. Kopi Sumatra yang kami jual meraih penjualan tertinggi didunia. Starbucks seluruh dunia pasti sediakan kopi Sumatra. Kalau Anda pergi ke Amerika dan Inggris, yang paling disukai itu kopi Sumatra,” kata Anthony.

Selain itu, Starbucks menjual lebih dari 10 jenis biji kopi, tapi kopi Sumatra selalu menjadi nomor satu. Tak hanya di Indonesia, juga di seluruh dunia.

Kopi Sumatra diklaim paling seimbang karakternya, selain juga rasa kopinya sangat kuat. Berbeda dengan kopi asal Amerika Latin yang ringan, dan Afrika yang terlalu floral atau fruity. Karakteristik berbeda dari biji kopi Sumatra itu dianggap pas untuk campuran bahan lain seperti gula dan susu, tanpa menghilangkan rasa dan aroma kopi.

Starbucks memang sukses mengubah budaya ngopi-ngopi (di warung kopi) menjadi gaya hidup masa kini. Kopi menjadi tren. Tak hanya menjajakan kopi berkualitas, Starbucks juga ‘menjual suasana dan sentimen’. Tata letak dan desain gerai, kisah dan sejarah di balik budidaya kopi, serta hal-hal lain yang dapat menggugah seseorang mencicipi kopi Starbucks.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close