Transportation

Mulai 8 Juni 2020, Balita Dilarang Naik KRL

Ada  tambahan  baru bagi penumpang KRL Commuter Line di tengah pandemi Covid-19. Aturan itu melarang sementara penumpang membawa anak di bawah usia lima tahun atau balita naik KRL, yang diberlakukan  pada 8 Juni 2020.

Aturan ini tetap berlaku meski nanti sudah masuk fase new normal atau aktivitas kenormalan baru. “Untuk pelarangan balita di bawah lima tahun ini (berlaku) sampai pandemi Covid-19 turun atau selesai, karena anak-anak ini tidak diekspos tapi ternyata juga ada anak-anak yang terpapar Covid,” ujar Direktur Utama KCI, Wiwik Widayanti dalam video conference, Rabu (3/6/2020).

Wiwik mengatakan, berdasarkan pengamatan  selama ini banyak penumpang yang membawa anak balita tidak menjalankan protokol kesehatan dengan benar, yakni tidak dikenakannya masker pada anaknya tersebut. Kondisi ini, sangat rentan terpapar, pasalnya penularan Covid-19 tidak me.

“Mereka juga banyak belum menggunakan masker dan orang tuanya selama ini kurang peduli dengan masker untuk anak-anak sehingga kami lakukan pelarangan untuk balita naik KRL,” ujar.

Selain balita, PT KCI juga mengeluarkan aturan bagi kelompok yang menggunakan KRL untuk berdagang di lokasi tujuan, dan kelompok lansia diatur untuk menggunakan KRL. Aturan itu, yakni bagi kelompok-kelompok tersebut hanya pada waktu-waktu di luar jam sibuk.

Untuk tahapan pengoperasian di fase new normal sendiri, menurut Wiwik saat ini masih dilakukan pembahasan, karena dari tiga tahap rencana pengoperasian KRL yang telah disampaikan KCI adalah sebatas usulan KCI.

“Untuk penetapan itu kita harus memperhatikan karena KCI bergerak atau beroperasi di 3 provinsi, ada Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Jadi itu memang harus dibahas bersama juga ketetapan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close