Culinary TourismFoodTourism

Nasi Campur Obama Jadi Menu Baru Resto Ini, Apa Alasannya?

Sudah lama nasi campur ini menjadi salah satu menu restoran ini. Tetapi karena Barack Obama sempat memesan menu nasi campur ini beberapa waktu lalu, kini nasi komplet ini disebut Nasi Campur Obama.

Kamis (29/6) malam, presiden Amerika ke 44, Barack Obama dan keluarga menikmati malam terakhir di Yogyakarta dengan bersantap malam bersama keluarga. Sasanti Restaurant & Gallery yang terletak di Jl. Palagan Tentara, Sleman menjadi pilihannya.

Mereka meminta tak ada perlakuan khusus, termasuk penutupan restoran untuk umum dan menu VVIP. Menu a la carte atau menu single menjadi pilihannya. Setelah menikmati appetizer platter yang berupa bakwan jagung, lumpia dan mento Obama memilih tak menikmati sup.

Sementara Michelle memilih pindang serani salmon sebagai sup. Pindang fillet salmon ini berkuah kuning bening dengan rasa kecut segar dari belimbing sayur, wangi kemangi dan sedikit jejak pedas cabai. Menyegarkan!

Hidangan utama yang dipilih Obama adalah Nasi Nusantara.

“Saya menawari beliau menu ini, karena berupa nasi dengan beragam lauk dari berbagai daerah nusantara,” ungkap Emmy Pratiwi, pemilik Sasanti Restaurant & Gallery, pada Kamis malam lalu.

Racikan nasi ini terdiri dari nasi tiga warna, merah, putih, kuning yang dibentuk kerucut dan ditaruh di tengah piring. Di kelilingnya diberi 7 jenis lauk-pauk.  Ayam woku balanga khas Manado, satu ekor udang king prawn dengan topping sambal matah khas Bali, rendang daging wagyu khas Sumatra Barat, kering tempe, buntil salmon yang berupa ikan salmon dibungkus daun pepaya muda dan berbumbu santan khas jawa Tengah.

Tak ketinggalan lalap berupa irisan mentimun dan kemangi serta kerupuk udang Ny. Siok dari Surabaya yang berupa stick. Harga nasi campur nusantara ini Rp. 125.000++ atau sekitar Rp.146.000 tunai. Relatif lebih mahal dari nasi campur biasa karena bahan-bahan istimewa yang dipakai.

Sejak kemarin nasi campur nusantara ini banyak dicari pengunjung Sasanti. Merekapun menamai menu ini sebagai ‘Nasi Campur Obama’. Karena lauknya beragam dengan rasa yang lengkap tak heran jika Obama dan pengunjung resto menyukai nasi campur ini.

Dan kabarnya Michelle juga memilih nasi sebagai hidangan utama, yaitu Nasi Goreng Kampung. Nasi yang berbumbu cabai teraso ini dilengkapi dengan seafood, telur dadar, kerupuk udang, ayam goreng dan keripik kentang.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button