BusinessTechnology

Olympus Akhirnya Menyerah dari Bisnis Kamera Semenjak 84 Tahun

Olympus Corporation telah mengumumkan rencana mereka untuk keluar dari bisnis kamera. Pabrikan Jepang ini mengunggah nota kesepahaman yang telah ditandatangani dengan maksud menjual perusahaan kepada Japan Industrial Partners (JIP), sebuah perusahaan dana investasi.

Olympus telah berdiri sejak tahun 1919, tetapi bisnis kamera baru dimulai tahun 1936. Penjualan pertamanya yaitu kamera dengan lensa fotografi Zuiko. Selanjutnya, produk inovatif dari Olympus, seri Pen camera, diluncurkan pada tahun 1959 dan sejak saat itu merek Olympus dikenal sebagai perusahaan kamera digital.

Namun sejak menjamurnya smartphone, Olympus tidak mampu bertahan dengan tekanan yang terjadi pada bisnis kamera. Kini, mereka mengaku kalah dan akan melepaskan bisnis ini.

Perjanjian penjualan Olympus dan JIP akan dilaksanakan pada 30 September mendatang. Keputusan untuk menjual Olympus ini telah dijelaskan oleh pihak perusahaan dalam nota kesepahaman.

“Olympus telah menerapkan langkah-langkah untuk mengatasi persaingan pasar digital yang sangat ketat, tapi perusahaan mencatat kerugian operasional selama 3 tahun berturut-turut hingga periode Maret 2020,” terang pihak Olympus.

Nota kesepahaman itu juga mencatat, JIP akan memanfaatkan teknologi inovatif dan pengembangan produk yang unik dari Olympus sambil mempersiapkan struktur perusahaan baru yang lebih efisien, kompak, dan gesit.

JIP dikenal karena mengambil alih bisnis VAIO dan Sony pada tahun 2014. Perusahaan ini juga bermaksud melakukan hal yang sama pada kamera Olympus walau belum tahu nama apa yang nantinya akan mereka berikan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close