Headline News

Pakualam Gelar Daup Ageng

Kadipaten Pakualaman bersiap menggelar pesta besar 5-6 Januari 2019 mendatang. Upacara adat Jawa, Dhaup Ageng akan dilaksanakan sebagai prosesi pernikahan putera sulung Paku Alam X, BPH Kusumo Bimantoro ST yang mempersunting dokter cantik bernama dr Maya Lakhsita Noorya.

KPH Indrokusumo, Ketua Umum Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman mengatakan pelaksanaaan prosesi telah dimulai sejak 24 Desember 2018 lalu diawali dengan Bucalan dan nantinya akan mencapai puncak pada 5 Januari 2019. Ijab Qobul, Panggih dan Resepsi akan dilakukan Sabtu 5 Januari 2019 di Bangsal Sewatama Pura Pakualaman dan Masjid Besar Pakualaman sementara resepsi untuk tamu akan dilaksanakan Minggu 6 Januari 2019.

“Dhaup Ageng dilaksanakan sesuai tata cara yang berlaku di Istana Pakualaman. Kadipaten Pakualaman seperti kita ketahui bersama akan mantu, putra Kanjeng Gusti Paku Alam X BPH Kusumo Bimantoro menikah dengan wanita pilihannya dr Maya Lakhsita Noorya,” ungkapnya pada wartawan dalam temu pers di Kepatihan Pakualaman Rabu (26/12/2018).

Dhaup Ageng menurut Indro merupakan prosesi adat yang sarat makna budaya sehingga dimungkinkan menarik minat masyarakat untuk menyaksikan secara langsung. “Kanjeng Gusti Paku Alam X tidak ingin besar-besaran namun pakem-pakem adat istiadat dilalui seluruhnya, prosesi ini sangat sarat makna dan merupakan peristiwa budaya menarik,” sambungnya.

Dalam Dhaup Ageng kali ini dipilih motif batik Surya Mulyarja dari naskah Sestradisuhul (1847) masa Paku Alam II sebagai tema. Surya Mulyarja merupakan manifestasi karakter Batara Surya dan Asthabrata yang berkarakter cermat, dermawan dan memotivasi murid-muridnya untuk berusaha meraih hidup sejahtera lahir batin.

BPH Kusumo Bimantoro sendiri lahir pada 10 April 1992 dan merupakan lulusan Departemen Arsitektur Fakultas Teknik UGM yang memiliki hobi menggambar dan memecahkan misteri Fisika. Sementara dr Maya Lakhsita Noorya lahir pada 27 April 1991 dan merupakan lulusan Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close