DestinationMarine TourismTourism

Melirik Pantai Sungai Suci Pieces of Heaven, Bengkulu

Meski bernama Pantai Sungai Suci, objek wisata yang satu ini sama sekali tidak terdapat sungai di sekitarnya, melainkan objek wisata berupa pantai dan sebuah pulau kecil dengan rimbunan pepohonan yang untuk mencapainya Anda bisa melewati dua jembatan gantung yang terbuat dari tali tambang yang kuat dengan dasar jembatan terbuat dari potongan papan kayu yang tebal sebagai penghubung menuju pulau tersebut.

Jembatan ini berada di atas ketinggian sekitar 6 hingga 7 meter, sehingga ketika Anda melewatinya, Anda akan merasakan sensasi jembatan bergoyang dan guncangan yang cukup kuat karena adanya angin laut yang berhembus ke jembatan tersebut. Di bagian bawah terdapat deruan ombak yang juga cukup kencang yang datang silih berganti menerpa bebatuan besar. Jika Anda melewati jembatan tersebut, maka Anda perlu berhati-hati karena suara hempasan ombak bisa saja membuat Anda terkejut.

Menurut sejarahnya, pulau kecil yang berada di seberang Pantai Sungai Suci ini dulunya adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan, namun dikarenakan hantaman ombak yang terjadi secara terus menerus, dan menggerus tanah dari tebing tersebut, sehingga mengakibatkan daratan ini terpisah dan membentuk sebuah pulau kecil yang sangat cantik. Bahkan ada juga yang mengklaim pulau kecil tersebut sangat mirip dengan wisata Tanah Lot di Bali.

Fakta menarik lainnya, ada yang menyebut bahwa lokasi ini dulunya merupakan tempat pemandian Bung Karno ketika beliau diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938 hingga 1942.

Objek wisata yang juga merupakan salah satu lokasi untuk mencari batu akik ini, terletak di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Kawasan ini terbentang sepanjang 2 kilometer, dan berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Bengkulu.

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini, selain untuk bermain di hamparan pasir di sepanjang pantai, juga sebagai salah satu spot terbaik untuk menyaksikan fenomena alam yaitu kembalinya matahari ke peraduan.

Pantai Sungai Suci ini memiliki keindahan alam yang begitu mempesona, jadi tidak heran jika ia dikenal dengan sebutan Pieces of Heaven-nya Bengkulu, karena pantai ini memiliki sejuta keindahan yang sangat cantik dan memanjakan mata.

Di sini Anda akan disuguhi pemandangan dari keindahan laut lepas, di mana sepanjang mata memandang adalah hamparan air laut berwarna biru yang sesekali dihiasi terpaan ombak yang menambah rasa takjub ketika memandangnya. 

Selain itu, hamparan pasir berwarna kecoklatan pun ikut menambah keeksotisan pemandangan Pantai Sungai Suci hingga pengunjung selalu betah berlama-lama bermain di sana.

Keindahan alam yang ditampilkan akan semakin bertambah saat hari berganti senja dan upuk barat sudah memperlihatkan gradasi langit yang siap menenggelamkan si raja siang. Perpaduan warna merah dan kuning keemasan selalu sukses membuat takjub bagi siapa saja yang memandang.

Dengan sederet keindahan yang ditawarkan, tidak heran jika lokasi ini sering kali dijadikan lokasi prewedding oleh pasangan muda mudi yang ingin menikah.

Selain itu, Pantai Sungai Suci ini juga dijadikan oleh masyarakat setempat sebagai pusat untuk mengumpulkan batu bara. Bahkan dahulu lokasi ini juga dijadikan sebagi tempat untuk mendulang emas.

Sisi lain dari pulau kecil di seberang pantai terdapat pula tebing bebatuan yang begitu menarik untuk dilirik. Tebing bebatuan ini cukup cadas sehingga menjadi ciri khas tersendiri untuk Pantai Sungai Suci ini.

Seperti umumnya lokasi wisata, Pantai Sungai Suci akan lebih ramai dikunjungi saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Mulai dari wisatawan dari daerah Bengkulu sendiri, maupun wisatawan dari luar Provinsi Bengkulu. Jika Anda ingin merasakan suasana yang lebih damai dan tenang, Anda bisa datang pada hari kerja, karena di hari-hari tersebut pantai ini lumayan sepi dari pengunjung dan Anda bisa mengeksplorasi Pantai Sungai Suci ini dengan leluasa dan mengabadikan momen liburan Anda di setiap spot foto yang tersedia tanpa harus mengantri giliran dengan pengunjung lain.

Namun sedikit disayangkan terutama bagi Anda yang suka berenang di pantai, agaknya kali ini Anda harus mengurungkan niat untuk mencicipi segarnya air laut di Pantai Sungai Suci ini, karena di lokasi ini cukup berbahaya untuk melakukan kegiatan berenang, karena ombak di pantai ini terbilang cukup besar.

Jika Anda datang bersama anak-anak, diharapkan untuk lebih berhati-hati karena tebing yang cadas serta deburan ombak yang cukup besar bisa saja menjadi sesuatu yang membahayakan bagi mereka.

Untuk urusan perut, Anda tidak perlu khawatir, karena di sini terdapat sangat banyak penjual makanan yang menjajakan dagangannya dengan harga yang dijamin tidak akan membuat kantong kering. Atau jika Anda ingin merasakan suasana piknik bersama keluarga, Anda juga bisa membawa bekal makanan dari rumah dan bersantai di Pantai Sungai Suci seraya menyantap makanan tersebut sambil memandang jauh ke samudera luas tak bertepi.

Akses ke Pantai Sungai Suci

Akses menuju Pantai Sungai Suci sangatlah mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan umum dengan menempuh jarak sekitar 15 kilometer dari Kota Bengkulu dan sekitar 25 kilometer dari Bandara Fatmawati. 

Atau Anda juga bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat dengan lama perjalanan lebih kurang 30 menit.

Akses jalan menuju Pantai Sungai Suci juga sangat baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir selama perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke destinasi wisata Pantai Sungai Suci sangatlah murah dibandingkan dengan objek wisata pantai lainnya yang menawarkan keindahan serupa. Cukup dengan membayar harga tiket sebesar Rp5.000 per orang Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang sangat mempesona.

Jika Anda ingin menyeberang ke pulau, Anda hanya akan dikenai tiket sebesar Rp3.000 saja. Wah, sangat murah bukan?

Selain itu jika Anda datang menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga perlu membayar biaya parkir yaitu untuk kendaraan roda dua sebesar Rp2.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp4.000 saja.

Lokasi

Objek wisata Pantai Sungai Suci tepatnya berada di Jalan Pesisir Pantai Panjang, Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, Indonesia.

Penulis: Yulia Gumay

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button