Headline News

Panitia Imlek Nasional Himbau Masyarakat Rayakan Imlek 2021 di Rumah Tanpa Kerumunan

Ketua Panitia Imlek Nasional, G. Sulistiyanto menghimbau masyarakat  untuk tidak merayakan Imlek tahun ini secara meriah yang  berpotensi mengundang kerumunan . Perayaan cukup dilakukan di rumah  secara sederhana dan dirayakan   bersama anggota keluarga.

“Kami sangat menghimbau kepada seluruh masyarakat  untuk tahun ini, kerana  adanya pandemi covid 19 agar tidak keluar rumah, perayaan Imlek  cukup di rumah saja.  Jadi tidak harus ke tempat-tempat  ibadah atau mengunjungi orang lain atau orang yang lebih tua,” ungkap Sulistiyanto saat jumpa pers kegiatan Imlek Nasional 2021 secara virtual, Selasa (9/2/2021)Bagi yang mau beribadah saat Imlek, Sulistiyanto juga menganjurkan agar dilakukan di rumah saja. Dikhawatirkan jika, semua masyarakat datang ke vihara akan menimbulkan kerumunan. Beribadah di rumah tidak akan menghilangkan hikmat  dalam beribadah.

“Kami sekali lagi tolong disampaikan himbauan kepada masyarakat untuk beribadahnya  dilakukan di rumah saja,” ujar kata Sulistiyanto yang juga pendiri Gerakan Pakai Masker Nasional, seraya menambahkan dirinya sudah membuat dan  menyiarkan video himbauan agar  perayaan Imlek digelar di rumah.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Panitia Imlek Nasional David Herman Jaya. Menurutnya jika harus datang ke vihara tidak boleh rombongan dan upayakan untuk jaga jarak serta pakai masker selama mengikuti proses ibadah.

 “Saya  menghimbau tidak usah datang ke vihara atau ke klenteng, jika harus datang diwakilkan saja.  Karena di tradisi kita biasanya malam Imlek malamnya, untuk sembhayang menyambut pergantian tahun, itu   cukup diwakilkan,” ungkap Ketua Umum PSMTI ini.

Pernyataan David ini diamini Wakil Ketua Panitia Imlek Nasional lainnya yakni Arief Harsono. Di acara jumpa pers ini, Arief menyarankan agar masyarakat memilih di rumah saja.

:Jadi kamis malam,  kita cuma sampe jam 5 dan jam 6, besok harinya pas hari Imlek kita ada kan berapa orang saja,  tapi kami menganjurkan sebaiknya di rumah saja, dan itu himbauan   sudah kami sampaikan kepada umat kami di seluruh nusantara,” ujar  Arief.

Menteri Koordinator  Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy yang hadir dalam jumpa persnya juga mengeluarkan pernyataan yang sama. Himbauan yang disampaikan Panitia Imlek Nasional sudah sesuai arahan Pemerintah .

“Baik pemerintah maupun Panitia Imlek Nasional agar menyampaikan pesan-pesan ini kepada masyarakat luas.  karena ini sudah menjadi peristiwa budaya, dan ini himbauannya tidak khusus pada penganut agama tertentu maupun komunitas tertentu, tapi seluruh masyarakat  supaya menahan diri untuk tahun ini cukup dengan cara sederhana tidak ada mercon,  tidak ada barongsai,” kata Menko PMK.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close