AccommodationEconomicHeadline NewsTransportation

Patra Jasa dan Pelni Sepakat Membuat Kapal Pesiar

Dua badan usaha milik negara, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) dan PT Patra Jasa (Persero), bersinergi untuk menyediakan hotel terapung sebagai alternatif atas keterbatasan hotel dan infrastruktur pariwisata di sejumlah destinasi wisata bahari.

Sinergi tersebut diwujudkan lewat penandatanganan kesepakatan kerja sama rencana pengoperasian kapal pesiar jalur wisata dalam negeri, di Auditorium Kantor Pusat PT Pelni, Jakarta.

Penandatanganan kesepakatan dilakukan Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni Olih Masolich Sodikin dengan Dirut PT Patra Jasa M. Haryo Yunianto disaksikan Dirut Pelni Elfien Goentoro dan Dewan Komisaris Omo.

Diperkirakan pembuatan Kapal Pesiar itu akan memakan biaya  senilai 20 juta dollar AS. Kapal pesiar itu akan menjalani rute Surabaya, Bali, Lombok, dan Labuan Bajo. Investasi itu dilakukan bersama PT Pelni.

“PELNI dan Patra Jasa siap mendukung pemerintah menunjang kunjungan wisata dari domestik maupun mancanegara dengan mengoperasikan kapal rute wisata dalam negeri sebagai jawaban terkait keterbatasan infrastruktur di beberapa destinasi wisata bahari di Indonesia,” demikian disampaikan Pelni lewat keterangan tertulis.

Perusahaan pelayaran tersebut, sebagai BUMN transportasi laut, memiliki anak buah kapal (ABK) berpengalaman di seluruh wilayah nusantara, sedangkan anak usaha PT Pertamina (Persero)  Patra Jasa sebagai perusahaan perhotelan memilki kompetensi pelayanan kapal pesiar sebagai hotel terapung.

Keduanya berencana menyediakan kapal Cruise dengan kapasitas 300-400 cabin yang akan berlayar ke berbagai destinasi wisata bahari meliputi, Labuan Bajo, Morotai, Raja Ampat, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Mandalika, Derawan, Wakatobi dan lain-lain.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button