CultureHeadline News

Tarian Piring Sumatera Barat Memenangkan Lomba Folklore Internasional

Tari Piring Bejamba yang ditampilkan oleh lima orang Galang Dance Community dari Padang Sumatera Barat  pimpinan Ibu Deslenda memenangkan medali emas pada kejuaraan Wold Cup of Folklore yang berlangsung di Kota Veliko Tarnovo, Bulgaria pada tanggal 10-20 Mei 2018.

Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid, mengapresiasi prestasi yang dihasilkan oleh tim Indonesia yang turut mengharumkan nama bangsa di forum international. Diharapkan mereka terus dapat berprestasi di kompetisi kelas dunia lainnya mengingat  penampilan tim galang yang sangat bagus dan dinamis. Dengan keikutsertaan tim tari Indonesia dalam kompetisi internasional seperti ini diharapkan juga akan turut mendukung upaya pelestarian kesenian tradisional Indonesia. ​

Tari Piring Bejamba menceritakan tradisi makan bersama Orang Minangkabau. Hal spesial yang membuat kagum penonton adalah dinamika tarian dan kekompakan para pesonelnya menari sambil memegang piring di setiap tangannya, serta atraksi memecahkan piring pada akhir tarian. Tarian ini juga diiringi musik dan nyanyian secara langsung oleh salah satu anggota tim. Tarian kreasi yang bersumber pada tari piring klasik ini berhasil memperoleh nilai tertinggi dari para juri dibanding  tarian lainnya yang dibawakan oleh Tim Galang Dance dalam perlombaan yaitu Baribuk Indang, yang merupakan kolaborasi dua kesenian tradisi Randai dan Indang, serta tari Rantak.

Dalam kejuaraan ini, Indonesia bersaing dengan berbagai tim yang berasal dari sekitar 20 negara di dunia. Tim India yang didukung penari berjumlah 25 orang memenangkan juara grandprix. (Sumber: KBRI Sofia)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button