Headline NewsTransportation

Pemudik Diminta Hati-hati Melintasi Jalur Tengkorak di Garut

Bagi pemudik yang melintasi jalur Garut, Jawa Barat untuk berhati-hati, pasalkan ada jalur tengkorak yang kerap membahayakan pengemudi. Ada tiga jalur tengkorak yang tersebar di Garut, yakni yang pertama Jalur Cijapati-Kadungora.

Jalur ini, sering kali menjadi pilihan ketika adanya kemacetan. Pengemudi yang memilih jalur ini, kebanyakan berasal dari kabupaten Bandung menuju Garut. Tingkat kerawanan kecelakaan di jalur ini cukup tinggi karena berliku dan menanjak.

“Sebenarnya bagus, cuman karena itu ada gabungan variasi tanjakan, turunan dan jalan berliku jadi cukup berbahaya, istilahnya jalur tengkorak,” ujar Kasatlantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro di kantornya, Jalan Sudirman, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (17/5/2019).

Rizky menyarankan pemudik tidak melewati karena dikhawatirkan akan terjadi yang tidak diinginkan, apalagi melintas di malam hari. Lebih baik, cari jalur alternatif lainnya, kendati jarak tempuh lama namun tidak membahayakan keselamatan.

Kedua adalah kawasan Tutugan Leles. Sudah bukan hal yang aneh bagi warga Garut mendengar nama jalan itu. Sebab, di lokasi itu kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

Jalan menurun (jika diakses dari arah Garut) dengan jarak sekitar 600 meter itu memang memiliki medan yang cukup unik. Jalannya menurun, meliuk ke kiri dan ke kanan.

Jalanan ini juga cukup gelap jika diakses malam hari. Tak ayal kerap terjadi kecelakaan di wilayah itu. “Di wilayah itu ada juga jalan alternatif yakni Lingkar Leles. Jalannya 50 persen bagus, 50 persen masih kurang. Ditambah PJU kurang. Jalannya masih berbatu,” ujar Rizky.

Selain itu, Tanjakan Gentong yang berlokasi di Kecamatan Malangbong, juga cukup berbahaya. Jalannya menanjak ditambah tikungan di puncaknya. Jalan ini merupakan akses utama jalur Garut menuju Tasikmalaya via Limbangan.

Pengemudi diimbau hati-hati saat melalui jalan ini. Terlebih, selain menanjak dan menikung di puncaknya, jalan di kawasan ini juga cukup sempit.

Selain di utara dan kota, ada juga jalur di wilayah selatan Garut yang cukup ekstrem. Jalan itu bernama Tanjakan Panganten. Tanjakan Panganten terletak di Kecamatan Pamulihan. Jalan itu merupakan akses utama menuju kawasan Bungbulang dan pantai selatan dari wilayah kota. (Sumber Detik)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close