BusinessLifestyleTourism

Penelitian : Inilah Hal-Hal yang Pengaruhi Konsumen Muslim Milenial

Semakin berkembangnya Halal Tourism saat ini secara tidak langsung menyinggung rasa penasaran banyak pelaku bisnis untuk mengetahui karakter dari konsumen yang mayoritas muslim ini.

Penelitian ini juga menyoroti motivasi, kebiasaan, kebutuhan dan preferensi yang dimiliki oleh segmen Muslim milenial saat melakukan perjalanan:

1.         Dari Muslim milenial yang disurvei, selain berwisata untuk liburan (93 persen), mereka juga melakukan perjalanan dengan tujuan untuk menikmati budaya dan warisan lokal (63 persen) dan mengunjungi teman dan kerabat (43 persen).

2.        Mayoritas dari Muslim milenial gemar berwisata – dimana mereka melakukan perjalanan sebanyak dua hingga lima kali per tahun (46 persen) dan rata-rata empat hingga enam hari per perjalanan (41 persen).

3.         Muslim milenial adalah wisatawan yang sangat memperhatikan biaya saat berwisata  di mana mayoritas mengeluarkan uang dengan rata-rata sebesar USD101 hingga USD500 untuk komponen pengeluaran di setiap perjalanan (penerbangan, akomodasi, makanan, belanja, dan biaya tak terduga lainnya)

4.        Responden yang disurvei dalam penelitian ini menunjukkan preferensi untuk perjalanan yang bebas dan independen (72 persen), karena mereka menghargai fleksibilitas dan kontrol selama melakukan perjalanan. Kaum Muslim milenial paham akan teknologi, percaya diri, dan nyaman dalam merencanakan perjalanan mereka sendiri melalui platform online. Hanya lima persen dari mereka yang memilih untuk menggunakan paket tur untuk perjalanan mereka.

5.         Mayoritas dari Muslim milenial mengatakan bahwa mereka menghabiskan antara satu hingga enam bulan dalam merencanakan sebuah perjalanan (61 persen), melakukan riset mendalam dan meninjau berbagai sumber, baik secara tradisional dan platform online, sebelum berpergian.

6.         Sepuluh destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh Muslim milenial adalah Malaysia, Indonesia, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat dan India.

7.         Biaya penerbangan dan akomodasi, keamanan dan kekhawatiran terhadap terorisme, serta ketersediaan makanan halal, merupakan tiga faktor utama bagi para Muslim milenial dalam merencanakan perjalanan mereka.

8.         Untuk keputusan pemilihan makanan di sebuah destinasi, Muslim milenial menilai keterjangkauan harga, pilihan makanan khas lokal yang Halal dan otentik serta makanan lokal yang otentik sebagai tiga pertimbangan terpenting bagi mereka.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button