BusinessDestinationEconomicTourism

Pengembangan Wisata Water Front City Diperkirakan Butuh Investasi Rp 500 Miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru bergandengan tangan dengan Pelindo I untuk menjajaki peluang investasi untuk pembangunan lokasi wisata Water Front City. Water Front City merupakan lokasi wisata yang dulu bekas pelabuhan Pelidno di sekitar kawasan Pasar Wisata.

Pemetaan pun sedang dilakukan dan diperikiraan ada sejumlah pembangunan kawasan komersial untuk mendukung peningkatan wisatawan berkunjung ke  wisata Water Front City. Pembangunan yang kini dibutuhkan adalah pembangunan hotel berbintang 3, dermaga serta jembatan. Hal yang berkaitan dengan investasi  tersebut telah dibicarakan antara Pemkot Pekanbaru dengan Pelindo I di Kantor Walikota Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT usai pertemuan menjelaskan bahwa dari perkiraan dirinya akan ada sekitar Rp 500 miliar investasi yang dibutuhkan untuk optimalisasi water front city.

“Perkiraan saya mungkin setengah triliun. Tapi kan kami belum menghitung secara keseluruhan,”ujar Firdaus seperti yang dikutip riaupos.com.

Firdaus mengatakan nantinya ada tim kecil yang terdiri dari perwakilan Pemkot Pekanbaru dan perwakilan dari Pelindo I yang bertugas untuk melakukan pengembangan terhadap lokasi wisata tersebut. Termasuk jaga lahan yang dimiliki oleh Pemko di sekitar lokasi wisata

Menurut Firdaus  saat ini yang sedang difokuskan untuk menyelesaikan masalah  perizinan. Di targetkan pada tahun 2017 seluruh  seluruh perizinan maupun pendataan aset yang dimiliki oleh Pemko ataupun Pelindo I dapat rampung. Termasuk juga pendataan aset yang dimiliki oleh masing-masing pihak.

Setelah perizinan rampung, baru langkah selanjtunya adalah merealisasikan pembangunan. Realisasi pembangunan ini ditargetkan sudah selesai pada tahun 2018.”termasuk juga tanah Pemko disekitar itu. Nanti kami kembangkangkan jadi water front city untuk bisnis, wisata yang dilengkapi perhotelan,”tambah Firdaus.

Sementara itu, Senior Manager Fasilitas PT Pelindo I Ferrial mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk mengembangkan konsep water front city bersama Pemko Pekanbaru.”kami juga ada konsepnya. Kami akan bangun kawasan komersial, wisata air dan perhotelan

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button