Investment

Penukaran Uang Pecahan Kecil Dipusatkan di Lapangan Karebosi Makassar

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan (KPw BI Sulsel) menggandeng 28 bank mitra untuk melayani penukaran uang pecahan kecil di Lapangan Karebosi, Makassar, pada 13 – 29 Mei 2019.

“Penukaran uang pecahan kecil ini lebih dari dua minggu berlangsung setiap hari Senin hingga Jumat. Total uang pecahan kecil yang disiapkan sebanyak Rp5,7 triliun,” kata Kepala Kpw BI Sulsel Bambang Kusmiarso.

Dia mengatakan untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil jelang Hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, selain dipusatkan di kawasan Lapangan Karebosi, Makassar, juga dilakukan di 11 titik pusat perbelanjaan dan enam titik di minimarket.

Secara umum penukaran uang pecahan kecil dilakukan di 26 kabupaten/kota di Sulsel dengan 85 jumlah titik layanan atau lebih banyak dibanding periode yang sama 2018 yang hanya 54 titik layanan.

Begitu pula dari segi jumlah uang pecahan kecil mulai dari pecahan Rp1 ribu hingga Rp20 ribu, khusus menyambut lebaran tahun ini mencapai Rp5,7 triliun, sementara 2018 tercatat realisasi penukaran uang pecahan kecil Rp4,1 triliun.

Menurut Bambang, dari segi layanan penukaran uang pecahan kecil ini juga dilakukan lebih awal yakni pembukaan pada hari ke-5 Ramadhan, sedang tahun lalu dilakukanpada pertengahan Ramadhan.

Hal itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan pada masyarakat lebih lama lagi menukarkan uang pecahan kecil, sehingga lebih banyak terlayani kebutuhannya sebelum lebaran.

Demikian pula layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) juga dipersiapkan seoptimal mungkin dalam menyiapkan uang tunai baik di kawasan perkotaan hingga pedesaan.

Mengenai kemungkinan adanya uang palsu beredar pada momen Ramadhan, Bambang mengatakan, hingga saat ini belum menerima adanya laporan peredaran uang palsu. Kendati demikian, tim terpadu bersama petugas kepolian terus melakukan pemantauan di lapangan untuk mengantisipasi adanya oknum yang memanfaatkan situasi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close