Economic

Perbankan Syariah Mulai Dilirik Warga Sulsel

Pembiayaan syariah mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun, meski peningkatannya masih di bawah angka 10 persen.

Pakar Ekonomi Syariah, Yason Taufik Akbar mengatakan peningkatan ini karena pembiayaan syariah mulai banyak dilirik masyarakat.

“Buktinya, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) syariah yang market share jumlah rekeningnya meningkat sebesar 6,23 persen pada 2017 lalu,” ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah rekening DPK memiliki total 8.181.323, terdiri dari konvensional sebesar 7.671.359 dan syariah sebesar 509.964.

“Pembiayaan syariah meningkat dari tahun ke tahun, walaupun peningkatannya masih di bawah angka 10 persen,” Yason, dalam BI Bareng Media di Toarco Toraja Coffee, Jalan Gunung Latimojong, Makassar, Rabu (10/1/2018).

Dipaparkan Yason, khusus di Sulsel, perbankan syariah sudah ada di enam wilayah dengan rata-rata rekening sebesar Rp 7 juta. Angka tersebut masih rendah dari jumlah perbankan konvensional yang ada di 24 wilayah dengan jumlah rekening rata-rata sebesar Rp 8 juta.

Sedang untuk rata-rata nilai rekening pembiayaan syariah sebesar Rp 88 juta. Itu menurut dia, masih terhitung di bawah nilai rekening syariah yang mencapai angka Rp 91 juta.

“Daerah di Sulsel yang memiliki pembiayaan syariah tertinggi berada pada Kabupaten Maros sebesar Rp 106 juta sementara tertinggi kedua adalah Kota Palopo yang mencapai Rp 105 juta,” ungkapnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button