Headline NewsInvestment

Percepat Izin Investasi, BKPM Ganti Izin Prinsip Menjadi Pendaftaran Investasi

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akhirnya mengganti Izin Prinsip (IP) menjadi Pendaftaran Penanaman Modal/Pendaftaran Investasi (PI). Tujuan  pergantian aturan itu, untuk mempermudah layanan bagi investor, serta memungkinkan untuk bidang-bidang usaha tertentu investor dapat langsung memperoleh Izin Usaha.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong menyampaikan bahwa  aturan baru itu sudah diundang pada bulan Desember 2017 dan menjadi kado terindah di awal tahun bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia.

“Mekanisme baru layanan perizinan penanaman modal telah diatur dalam Peraturan BKPM Nomor 13 Tahun 2017,” ujarnya dalam keterangan resminya ke media massa, Selasa, 2 Januari 2018.

Thomas menjelaskan setelah  aturan tersebut diterbitkan. proses pendaftaran Investasi untuk permohonan belum berbadan hukum Indonesia hanya membutuhkan waktu 1 (satu) hari kerja. Sementara untuk penerbitan Izin Prinsip yang sebelumnya digunakan,  memakan waktu sampe tiga hari kerja  untuk mendapat permohonan berbadan hukum.

Mekanisme baru tersebut merupakan salah satu upaya dan bukti komitmen BKPM untuk terus memudahkan proses administrasi yang harus dilakukan oleh investor sebelum menanamkan modalnya di Indonesia.

Thomas menjelaskan bahwa dengan mekanisme penerbitan pendaftaran investasi yang semakin cepat dan peluang untuk dapat langsung mendapatkan Izin Usaha tersebut, investor diharapkan dapat semakin cepat merealisasikan investasinya.

“Dengan implementasi mekanisme baru layanan perizinan penanaman modal akan mempercepat investor merealisasikan investasinya, dan ini jelas sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Bapak Presiden,” tutupnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close