DestinationHeadline NewsSportsTourism

Persiapan Teknis Tour de Molvccas Telah Mencapai 80 Persen

Jelang Tour de Molvccas (TdM) yang digelar pada tanggal 18-22 September 2017, persiapan terus dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Maluku. Bahkan persiapan teknis sudah mencapai 80 persen yang meliputi antaralain infrastruktur jalan-jembatan, akomodasi, kesiapan perhubungan terutama transportasi, jaringan komunikasi, jaringan listrik dan lainnya. Persiapan yang hampir rampung ini juga tidak lepas dari dukungan  PemerintahProvinsi Maluku, Kementerian Pariwisata dan Kementerian  Koordinator  Kemaritiman. TdM merupakan Lomba balap sepeda Internasional ini yang kali pertama digelar di Maluku.

Untuk Jalan dan Jembatan yang nanti dijadikan sarana pendukung digelarnya event sport tourism  ini, kini sudah ada 200 km ruas jalan dan 12 jembatan yang telah diperbaiki. Selain itu pembangunan dan pembenahan di daerah yang akan dilewati lomba telah dilakukan. Bahkan event ini mampun meningkatkan okupansi hotel yang ada disekotar area event. Tercatat  sudah ada 42 hotel yang sudah dipesan dengan minimal 300 kamar setiap harinya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Ir. H. Saimima, MSi optimis persiapan akan mencapai 100 persen sebelum Tour de Molvccas  dimulai.

 ”Persiapan telah mencapai 80% dan saya optimis bisa mencapai 100% pada waktu pelaksanaan atau hari H. Sebagian besar jalan-jembatan yang rusak termasuk jalan di kawasan Taman Nasional Manusela (SS) yang sebagian besar mengalami kerusakan, sedang  dikerjakan dan dipastikan selesai pada waktu pelaksanaan kegiatan TdM nanti” kata  wanita  biasa disapa dengan Ibu Ona ini.

Hal Serupa juga disampaikan  International Commissaire balap sepeda internasional yang  diakui badan sepeda dunia UCI  (Union CyclisteInternationale)  dan juga menjadi Konsultan Teknis TdM, Jamaludin Mahmood. Jamaludin menjelaskan bahwa perbaikan jalur yang akan dilewati  oleh pembalap hingga tahap sempurna sangat krusial dikarenakan medan yang ditempuh cukup menantang  dengan banyaknya tanjakan dan kelokan yang akan dilalui. Ditambah lagi jarak panjang dan waktu panjang  yang  harus dilalui selama lomba, menjadi daya tarik peserta lomba.

Ibu Ona kembali mengatakan bahwa lomba balap sepeda internasional TdM adalah inisiatif dari Bapak Gubernur  Maluku,  Bapak Said Assagaff, dan ide ini didukung oleh pemerintahan serta rakyat  Maluku, apalagi dari Dinas Pariwisata. Kerjasama yang baik juga dijalin dengan Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur. Selain memajukan olah raga balap sepeda, kegiatan ini dapat membantu  memajukan pariwisata  Maluku yang selama ini kurang promosi. Maluku memiliki potensi dan obyek-obyek wisata di Maluku yang  tidak kalah cantik dari obyek wisata andalan Indonesia lainnya.

Ada 16 team dari 20 negara yang didundang untuk menjadi peserta TdM.  Para peserta akan dibagi menjadi 5 tim  nasional dan 11 tim internasional. Lima etape disiap untuk menyambut performa 100 pembalap dan official.  Total jarak yang ditempuh dalam lima etape tersebut mencapai 713,7 km terdiri dari Etape I Piru – Masohi (179,7 km), Senin (18 September 2017), SelanjutnyaEtape IIWahai – Bula (155,8 km), Selasa (19 September 2017),  Etape III, Bula – Wahai (153,8 km), Rabu (20 September 2017), Etape IV Masohi – Waipirit (141,5 km), Kamis (21 September 2017) dan Etape V Pantai Namalatu, Desa Latuhalat – Ambon Loop/keliling kota Ambon (82,9 km), Jumat (22 September 2017).

Ona dan Jamaludin berharap segenap masyarakat Maluku terutama masyarakat di Kota Ambon dan Pulau Seram menyambut kegiatan balap sepeda internasional, Tour de Molvccas, dengan antusias. “Kegiatan olahraga berbasis  pariwisata ini adalah sarana untuk promosi pariwisata Maluku. Maluku ini punya obyekwisata yang bagus-bagus tetapi kurang promosi. Karenaitu, kita harus ciptakan banyak event nasional dan internasional seperti Tour de Molvccas agar dunia luar tau tentangkecantikan Maluku dan mau datang ke Maluku,” demikian Onaberharap.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button