BusinessEconomic

Pertamina Dukung Tumbuhnya Pengusaha Millenial melalui Program Startup Weekend Indonesia

PT Pertamina (Persero) berkolaborasi bersama KUMPUL, 9 lokal partner dan lebih dari 20 universitas di Indonesia untuk melahirkan pengusaha muda Indonesia dengan menggelar acara Startup Weekend Indonesia – The NextGen. Acara yang digelar secara virtual selama bulan Oktober 2020 saat akhir pekan ini, akan melibatkan ribuan mahasiswa dari berbagai kampus terbaik di Indonesia.

Acara ini juga didukung oleh Kominfo, Kemenristek dan Kemenparekraf/Baparekraf. Startup Weekend Indonesia – The NextGen dengan Pertamina berkolaborasi untuk menjaring startup yang selanjutnya akan dibina melalui program Pertamina Youthpreneur. Dimana merupakan wujud nyata upaya Pertamina dalam mendorong terciptanya entrepreneur dari kalangan milenial.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kolaborasi ini senada dengan tujuan Pertamina melalui Program Kemitraan untuk menumbuhkan jiwa pengusaha untuk kalangan muda. ”Kami yakin, para mahasiswa ini masih mempunyai pemikiran yang segar dan kreatif untuk dapat tumbuh menjadi pengusaha yang sukses,” ujarnya.

Sebelum masuk pada acara inti, lanjut Fajriyah, para peserta akan menjalani tahap orientasi yang digelar Kamis (1/10). Sejumlah pemateri handal telah disiapkan untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa. Melalui acara yang diselenggarakan di berbagai kota ini, Pertamina akan menyampaikan beberapa hal seputar Program Kemitraan. Mahasiswa akan diberi bocoran terkait manfaat mengikuti program tersebut. Sehingga, saat mulai terjun ke dunia usaha, atau membentuk UMKM, mereka bisa menjadi bagian binaan Pertamina dengan segudang manfaatnya.

Beberapa kampus ternama di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang dan kota besar lainnya akan ikut terlibat. Fajriyah berharap, mahasiswa dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk mempersiapkan diri sebelum berwirausaha. ”Untuk mahasiswa yang belum atau sudah memulai usaha, acara ini sangat tepat untuk memperkaya wawasan menjadi entrepreneur yang baik,” pungkasnya.

Sementara itu, CEO & Co-Founder KUMPUL Faye Wongso merincikankan, hari pertama di setiap sesi akan berbentuk pembentukan tim dan ide dari peserta. Hari kedua akan berlangsung sesi dari pembicara, mentoring dan pembentukan startup. Hari terakhir akan dilakukan pelatihan presentasi dan menunjukkan pekerjaan mereka kepada juri. “Startup terbaik akan dipilih untuk Demo Day, serta 3 Startup terbaik akan mendapatkan mentoring selama 3 bulan,” jelas Faye.

Startup Weekend Indonesia Next Gen, menurut Faye, dapat diikuti oleh ribuan orang yang berusia 18 – 25 tahun. Diadakan oleh lebih dari 20 Universitas dan lebih dari 20 acara individu selama bulan Oktober 2020. Selama 54 jam membentuk dan mewujudkan ide Startup yang didampingi oleh mentor – mentor terbaik di Indonesia. Kegiatan di setiap kota di berbagai Universitas ini diorganisir penuh oleh lokal partner Kumpul: Ngalup.co, Ruang & Tempo, KEMBALI, MeetUp, Startup Borneo, Innovative Academy dan Satu Tampa.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close