CultureHeadline NewsTourism

Pertunjukan Kolosal Seribu Barong Curi Perhatian Ribuan Warga dan Wisatawan

Area monumen Simpang Lima Gumul (SLG) pada Sabtu, 14 Juli 2018 menjadi luatan manusia. Mereka ada di area itu sedang menyaksikan Pertunjukan kolosal seribu barong yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kediri untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri.

Ribuan  penonton ini merupakan wisatawan dan warga sekitar yang begitu antusias menyaksikan aksi dari para seniman barong.

Tak hanya menikmati tarian barong, wisatawan juga bisa menyaksikan hiburan rakyat lain seperti pameran produk UMKM serta arena permainan tradisional.

Kepala Dinas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Kedidi kepada para seniman barong.

“Ini pertunjukan kolosal sebagai penghargaan pemerintah terhadap para seniman tradisional yang masih mempertahankan tradisi,” kata Krisna, Minggu 15 Juli 2018.

Tari barong sendiri merupakan bagian dari tarian khas Kediri, yakni jaranan. Kesenian jaranan sudah lama menjadi kekayaan seni masyarakat Kediri. Tak mengherankan jika kesenian Jaranan ini menjadi tontotan wajib di setiap perayaan kegiatan masyarakat Kediri.

Selain kuda lumping yang menjadi ciri khas kesenian jaranan, tari barong yang ditandai dengan keberadaan barongan atau caplokan menjadi daya tarik tersendiri. Pemain barongan juga memiliki nilai magis dan kerap ditakuti anak-anak karena perwujudannya yang menyeramkan.

Dalam pertunjukan kemarin, Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri sukses menarik kunjungan ribuan wisatawan dari berbagai kota. Mereka rata-rata adalah penggemar kesenian jaranan yang belum pernah menyaksikan pertunjukan khusus tari barong dalam jumlah besar. “Seribu penari barong kita undang dengan karakteristik masing-masing,” kata Krisna.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close