DestinationHeadline NewsTourismTravel

Perusahaan China Siap Bangun 300 Kamar Hotel dan 100 Vila di Morotai

Ditetapkan sebagai salah satu dari 10 Destinasi Prioritas, tidak membuat Kepulauan Moratai lupa daratan, bahkan wisata kebanggan warga Maluku Utara itu terus mengembangkan diri sebagai wisata terbaik di Indonesia. Alhasil sebuah perusahaan terbesar di bidang travel dan tourism asal China resmi menanamkan modalnya di salah satu wilayah hasil pemekaran Halmahera ini.

Perusahaan tersebut telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Jababeka dua pekan lalu. Penandatangan ini dibenarkan Chairman PT Jababeka Setyono Djuandi Darmono melalui siaran persnya.

Nilai investasi perusahaan yang memiliki 60 hotel berbintang di China itu mencapai Rp 130 triliun. Investasi dipusatkan untuk pembangunan Hotel dan pekerjaan diperkiraan memakan waktu 1 tahun dan juga pembangunan vila. “Mereka berkomitmen akan membangun 300 kamar hotel dalam tempo 1 tahun dan 100 vila di atas tanah seluas 100 hektare untuk permulaan. Mereka ini terkenal mendatangkan banyak turis asal China ke seluruh dunia,” ujar Darmono.

Darmono menambahkan, investasi yang diadakan pada tahap pertama kurang lebih US$100 juta atau setara Rp1,3 triliun. Mereka berjanji akan bertahap menaikkan hingga menjadi US$1 miliar atau setara Rp130 triliun.

“Tentu, semua akan berjalan lancar kalau proyek pertama ini mereka merasa disambut dengan baik, didukung sepenuhnya, dan sukses mendatangkan wisman (wisatawan mancanegara) ke Morotai,” ujar Darmono.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perhubungan telah memberikan komitmen bahwa bandara akan diperbaiki. Landasan pacu atau runway akan diperpanjang dan dilebarkan untuk memenuhi standar pesawat 730 yang bisa membawa 130 penumpang.

“Maka juga diperlukan bandara ini menjadi bandara internasional, sehingga turis tidak perlu mampir dahulu ke Manado, karena akan menghambat jumlah pengunjung yang lebih banyak,” tutur Darmono.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button