Healthy Life

Pj Gubernur Sulsel Minta Masyarakat Dukung Program Imunisasi Campak Measles dan Rubella

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel melakukan kegiatan Vaksinasi Imunisasi vaksin campak atau Measles (M) dan Rubella (R) pada Agustus hingga September 2018.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan nasional, yang sejak 2017 sudah dilaksanakan di Pulau Jawa. Sedangkan untuk luar Jawa, kegiatan itu digelar pada Agustus hingga September 2018. Termasuk Sulsel. Imunisasi Measle Rubella (MR) fase kedua resmi dimulai hari ini, Rabu (1/8).

Adapun jumlah sasaran kampanye imunisasi campak Rubella (MR) untuk usia 9 bulan sampai dengan kurang 15 tahun Fase II di 28 Provinsi Luar Jawa Tahun 2018 sebanyak 31.963.154 dan untuk Sulsel 2.331.048.

Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono mengatakan bahwa imunisasi di uji cobakan di salah satu Madrasah, tepatnya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar.

“Rubelle sekarang ini di uji coba disalah satu Madrasah, disini itu kalau tidak salah kejadiannya belum banyak,” kata Sumarsono.

Namun, disampaikanya bahwa Pemerintah Sulsel terus berupaya untuk mengantisipasi peredarannya.

Ia pun meminta masyarakat untuk untuk melakukan vaksinasi.

“Karena itu bentuk fenomena baru rebulla ini. Karena sekali kena kalau tidak imun maka itu langsung. Ini lebih bahaya dari folio yang lain,” sebutnya.

Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan.

Penyakit ini mudah menular, akan tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella ini menyerang pada wanita hamil terutama pada masa awal kehamilan.

Infeksi rubella pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan permanen pada bayi yang dilahirkan atau dikenal dengan CRS.

Data Kementerian Kesehatan pada 2013-2017 mencatat sejumlah 31.449 kasus Rubella telah dilaporkan.

“Karena itu saya minta masyarakat memahami dulu apa dan bagaimana itu rubella. Yang kedua ini bentuk program nasional penanggulangan rubella,” ujarnya.

Walaupun belum cukup banyak yang terjadi sulawesi selatan tapi di sini sudah banyak terjadi kasusnya.

Walaupun Sulsel belum ditemukan kasus yang signifikan, karena besarnya jumlah warga dan sasaran maka Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek melakukan peninjauan di Sulsel hari ini.

“Karena itu hari ini Ibu Menteri Kesehatan datang ke sini, untuk mencanangkan program imunisasi rubella. Ini tidak mengenal siapa-siapa, saya minta mari kita dukung pemerintah dalam imunisasi rubella,” harapnya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button