Headline News

Pj Sekda Sulsel Kobarkan Semangat Kader Bela Negara

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Tautoto Tanaranggina membuka kegiatan Pendidikan dan Latihan Kader Bela Negara Pemuda di Rindam XIV/Hasanuddin Pakatto Kabupaten Gowa, Senin (23/7).

Selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Ia menyampaikan ucapan terima kasih dan kepada seluruh Peserta atas partisipasinya ikut pada pelaksanaan kegiatan Pelatihan Kader Bela Negara ini. Khususnya, bagi Kementerian Olahraga Republik Indonesia yang telah mengisiasi dan menunjuk Sulawesi Selatan sebagai salah satu lokasi kegiatan.

“Semoga ini bisa menjadi penyemangat untuk mempertahankan dan mempersatukan NKRI, dalam rangka mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa,” sebutnya.

Tautoto menambahkan, Bela Negara merupakan hak seluruh warga negara Indonesia, terkhusus pemudanya.

“Bela Negara adalah hak pemuda Indonesia,” katanya.

Bela Negara hal yang sangat penting agar dapat terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang tertib, aman, damai, dan sejahtera.

Bela Negara juga bertujuan untuk menjaga dan memelihara kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI.

Bela Negara juga merupakan salah satu sikap yang menunjukkan penghargaan bagi pendiri dan pejuang bangsa yang telah susah payah memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan yang mengorbankan segalanya harta dan nyawa sekalipun dari tangan penjajah.

Hal inilah yang mendasari betapa penting pelaksanaan kegiatan seperti ini.

Pemuda harus berperan serta dan berada dalam garis terdepan, dalam melakukan perubahan, hanya dengan demikianlah pemuda dapat menjaga keutuhan bangsa.

Serta, mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan yang lebih besar, untuk mengantisipasi terjadinya penjajahan gaya baru disegala aspek, atas derasnya arus globalisasi yang tak terbendung juga merupakan salah satu bentuk menjaga negara ini.

“Hal lain yang tak kalah pentingnya, pemuda harus memiliki kepekaan sosial dan memiliki tanggung jawab atas kondisi masyarakat saat ini, maka harus turut serta mencari solusinya,” katanya.

Kesadaran pemuda dalam bela negara dapat diwujudkan dengan berbagai macam cara, yaitu dengan melakukan upaya-upaya seperti menjadi inisiator dalam pelestarian lingkungan, mempertahankan dan memperkenalkan budaya sebagai kekayaan bangsa, mengcounter (melawan balik) dan memberikan penyadaran bagi masyarakat tentang berita Hoaks yang yang beredar dan meresahkan warga.

Keadaan negara saat ini adalah bukti nyata betapa minimnya kesadaran bela negara. Berbagai persoalan yang dilakukan oleh pemuda menunjukkan betapa tanpa kesadaran bela negara ini, bencana besar akan terjadi dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Contohnya, persoalan-persoalan tersebut antara lain seperti perilaku peyimpangan seks luar nikah, penggunaan narkoba, dan bentuk-bentuk kekerasan yang dilakukan oleh para pemuda.

“Pemuda Indonesia harusnya bisa melakukan tindakan bela negara dengan cara-cara yang lebih terhormat dan menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang yang memiliki budaya dan pekerti yang luhur,” pungkasnya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close