BusinessDestinationEconomicTechnologyTourism

PLN Siap Kembangkan Teknologi Kapal Listrik Dukung Danau Toba

PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) mewacanakan untuk pengembangan teknologi di kawasan pariwisata Danau Toba. Sebagaimana hal itu diungkapkan GM PLN Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto di Medan, Kamis (25/1).

“Kita punya wacana untuk menciptakan kapal. Biasanya kan kapal disana itu kapal motor, nah ini, kenapa enggak dicoba kapal pakai listrik. Kan Danau Toba itu Geopark,” kata Feby.

Untuk mewujudkan wacana tersebut, kata Feby, PLN Wilayah Sumut akan melakukan studi terlebih dahulu di kawasan Danau Toba. Dimana studi tersebut akan dilakukan dengan menggandeng universitas ternama yang ada di Indonesia.

“Tahun ini kita coba dengan menggandeng ITS (Institut Teknologi Sepuluh November). Kenapa ITS bukan USU, karena mereka (ITS) itu expert soal kapal,” jelas Feby.

Lebih jauh Feby menjelaskan, dengan adanya kapal listrik di Danau Toba, tentu akan lebih meminimalisir tingkat polusi.

“Kita siap dan berkomitmen untuk itu. Kalau tidak bisa rampung tahun ini, maka akan kita buat prototipenya terlebih dulu,” tegasnya.

Selain kapal listrik, rencananya PLN juga akan membangun sejumlah infrastruktur penunjang kehadiran kapal tersebut, misalnya seperti Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Sebagaimana diketahui sebelumnya, PLN Wilayah Sumut memang telah ikut serta dalam pengembangan Danau Toba. Bahkan Berbagai hal sudah di lakukan PLN di kawasan sekitar Danau Toba seperti, Program Listrik Desa, pengembangan Desa Wisata Sigapiton, dan kegiatan lainnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button