Lifestyle

Pola hidup yang sehat dengan cara vegetarian

salat teller

Vegetarian adalah salah satu pilihan untuk hidup sehat. Menjadi vegetarian tidak lah sesulit yang dibayangkan banyak orang. Yang dimaksud vegetarian adalah aliran atau paham yang menjalankan pola hidup tanpa mengkonsumsi makanan hewani dan memilih untuk mengkonsumi bahan makanan nabati. Sedangkan orang yang menjalankan pola hidup tersebut disebut dengan Vegetarir. Ada banyak alasan seseorang menjadi penganut vegetarian diantaranya untuk alasan religi, kesehatan, dan berkaitan dengan sikap etis terhadap hak asasi hewan. Kini menjadi seorang vegetarir bukan hanya karena alasan religi, melainkan sudah menjadi gaya hidup sehat bahkan trend.

Memang untuk menjadi penganut vegetarian tidaklah mudah, apalagi jika selama ini Anda sering mengkonsumsi bahan makanan hewani. Oleh karena itu Anda pun harus memahami yang menjadi motivasi Anda untuk menjadi seorang vegetarir. Menjadi vegetarir adalah sebuah pilihan bukan paksaan. Pertimbangkan untuk melakukannya secara bertahap dan bukan secara instan. Sebenarnya hal tersebut terjadi karena kurangnya asupan nutrisi yang ia dapat sebab ia tak tahu kandungan gizi dari makanan yang harus dikonsumsinya.

Sebagai vegetarir pemula memang tidak mudah menjalaninya. Nah, agar asupan gizi tetap terpenuhi ada baiknya berkonsulasilah terlebih dahulu dengan ahli gizi. Atau bisa juga dengan bergabung di komunitas vegetarian yang sudah terbentuk seperti IVS atau lainnya. Hal tersebut dapat membuat Anda tahu lebih banyak tentang kehidupan vegetarian. Jika belum terbiasa lakukan secara bertahap. Misalkan saja dengan mulai mengkonsumsi sayur-sayuran segar, tofu, kacang-kacangan dan bahan nabati lainnya selama seminggu 3 kali. Selain itu bisa juga mengubah kebiasaan dengan mengkonsumsi setengah porsi daging dan sisanya sayuran. Lakukan secara rutin hingga Anda benar-benar bisa berhenti mengkonsumi bahan makanan hewani.

Selai itu juga di sarankan mulai mengurangi daging secara bertahap, agar tubuh bisa melakukan penyesuaian. Misalnya mulai mengurangi makanan daging binatang berkaki 4, kemudian berkaki 2, kemudian binatang laut, dan seterusnya. Secara intensitas juga dikurangi bertahap, misalnya tadinya setiap hari makan daging, cobalah tidak makan daging seminggu sekali, kemudian seminggu 3 kali, dan akhirnya setiap hari tidak makan daging. Kemudian tahap lebih lanjut, kuah makanan yang ter-“cemar” daging juga tidak boleh, demikian juga minyak bekas menggoreng makanan hewani.

Ingatkan diri jika buah dan sayuran menjadi menu utama. Ketika Anda belum menjadi seorang vegetarian Anda tidak terikat pada aturan, Anda tidak dilarang untuk mengkonsumsi makanan dari bahan utama daging. Namun beda halnya jika Anda sudah yakin untuk menjadi vegetarian dimana Anda dihadapkan pada situasi unik yang mewajibkan Anda untuk menghindari konsumsi makanan dari daging serta unggas. Intinya ketika Anda menjadi vegetarian, sayuran dan buah menjadi makanan utama meskipun sebenarnya Anda masih diizinkan untuk mengkonsumsi makanan laut dan makanan olahan dari unggas atau sapi, seperti susu, keju serta telur.

Kreatif dengan membuat menu makanan vegetarian yang baru dan unik. Meskipun sudah terbiasa hanya makan buah dan sayuran, Anda pasti tidak bisa lepas dari kebosanan. Oleh karena itu, buatlah sendiri makanan vegetarian Anda dengan seunik dan semenarik mungkin. Banyak alternatif menu yang bisa Anda jadikan referensi, apalagi sudah cukup banyak restoran yang menawarkan menu khusus untuk vegetarian sehingga Anda bisa menyantap bistik atau steak meskipun bahan utamanya hanya berasal dari tempe saja bukanlah daging sapi atau daging ayam. Perhatikan juga produk kalengan yang Anda beli. Kuantitas menu makanan yang bukan vegetarian tentunya lebih banyak dijual di pasaran, oleh karenanya, Anda harus pandai memilih makanan kaleng yang sesuai dan bisa Anda makan. Menjadi vegetarian merupakan keputusan berat namun tepat, karena seorang vegetarian memilki kualitas hidup lebih baik dibandingkan dengan mereka yang bukan vegetarian. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button