BusinessEconomicHeadline NewsInvestment

Presiden Jokowi Resmikan Perumahan PPRG di Banyuresmi  

Harapan para pemangkas rambut asal Garut yang tergabung dalam Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut (PPRG) untuk memiliki kompleks perumahan sendiri akhirnya terkabul.

Dalam kunjungannya ke Garut, Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan perumahan bersubsidi bagi para pemangkas rambut tersebut, Sabtu (19/1/2019). Presiden Jokowi hadir didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Garut Rudy Gunawan, dan sejumlah Menteri serta pejabat lainnya.

Berlokasi di Kampung Sampora RT 2 RW 9, Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, kompleks perumahan bagi anggota PPRG ini menempati lahan seluas 5 hektar.

Rencananya  500 unit rumah akan dibangun di lokasi ini dan  untuk tahap I akan direalisasikan sebanyak 150 unit di atas lahan 2 ha dengan tipe rumah 30/60. Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, perumahan bersubsidi PPRG merupakan bagian dari Program Satu Juta Rumah yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah untuk menyediakan rumah bagi masyarakat.

“Angsurannya hanya Rp 800 ribu per bulan dengan menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP),” kata Khalawi.

Ditambahkannya, rumah untuk para pemangkas rambut ini harga jualnya Rp 130.000.000 dan uang muka mulai dari 1 persen dengan suku bunga fixed 5 persen dengan jangka waktu angsuran selama 20 tahun.

“Para tukang cukur ini akan mendapat bantuan SBUM dari pemerintah sebesar Rp 4 juta. Jumlah angsuran yang harus di bayarkan oleh para tukang cukur untuk KPR ini adalah Rp 800.000 per bulan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PPRG Rudy menyatakan, perumahan untuk para pemangkas rambut ini ke depan akan menjadi salah satu kawasan wisata di Kabupaten Garut.

“Sebagai ciri khas, di pintu gerbang kompleks perumahan akan dibangun tugu gunting dan cukur sebagai ciri bahwa penghuni kompleks merupakan para pemangkas rambut,” ujarnya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close