Headline News

Presiden: Kemungkinan Masjid Istiqlal Mulai Dibuka pada Juli 2020

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Selasa pagi (2/6/2020). Peninjauan ini, juga dimanfaatkan Presiden untuk melihat kesiapan Masjid Istiqlal menerapkan aktivitas kenormalan baru atau new normal.

Saat meninjau Presiden didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Salah satu area yang ditinjau Presiden, adalah tempat sholat yang berada di dekat mimbar Imam

Presiden menjelaskan, kemungkinan Masjid Istiqlal akan dibuka kembali untuk aktivitas beribadah pada Juli mendatang. Di targetkan pada Juli renovasi masjid ini akan selesai. Hingga saat ini, progres renovasi sudah 90 persen.

”Sampai hari ini tadi sudah disampaikan telah selesai kurang lebih 90 persen dan renovasi besar ini akan diselesaikan insyaallah nanti di awal bulan Juli. Memang agak mundur karena adanya pandemi Covid-19,” imbuh Presiden.

Dalam kesempatan ini, Presiden meminta kepada pihak terkait untuk menyiapkan standar prosedur untuk kenormalan baru di Masjid Istiqlal. Hal ini penting, agar umat Islam dapar beribadah dengan khusuk dan aman dari penyebaran Covid-19.

”Tentu saja juga mulai saat ini tadi saya titip untuk disiapkan protokol-protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan salat di Masjid Istiqlal ini semuanya aman dari Covid-19. Karena kita tahu bahwa penyebaran Covid-19 sampai saat ini di tanah air memang belum semua provinsi wilayah bisa kita kendalikan,” ujar Presiden.

Lebih lanjut Presiden mengatakan, dimulainya aktivitas beribadah, sekolah, kerja dan sebagainya harus berdasarkan pertimbangan yang matang di tengah pandemi Covid-19. Ada tahapan ketat yang harus dijalan dengan merujuk perkembangan kurva.

”Semuanya memakai data-data keilmuan yang ketat. Sehingga kita harapkan akan berjalan dari tahapan ke tahapan, dari sektor ke sektor, dari provinsi ke provinsi sesuai dengan angka-angka yang tadi saya sampaikan,” tutur Presiden.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close