EconomicHeadline NewsTechTechnology

Presiden: Perkembangan Fintech Harus Didukung Regulasi Yang Benar

Presiden Jokowi tak memungkiri  perkembangan internet selama 25 tahun ini begitu cepat, bahkan permintaan badwith pun tumbuh dengan pesat, akibatnya banyak hal-hal yang viral. Hal ini berkaca pada boom internet di Amerika Serikat (AS) yang kemudian merambat ke seluruh dunia.

“Yang membuat internet boom adalah keputusan regulasi yang sangat modern dari (Presiden AS) Bill Clinton,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Seminar Bali Fintech Agenda, di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Presiden menjelaskan  internet  tidak boleh keblablasan, harus memiliki regulasi yang benar tanpa menyampingkan keinginan konsumen. Regulasi internet harus seimbang , merepresentasikan  kepentingan kosumen dan juga  membatasi agar internet tidak disalahgunakan.

“Artinya, regulasi yang terlalu mengekang di tingkat nasional akan memaksa konsumer menuju ranah internet yang tidak teregulasi, dan mendorong mereka semakin jauh dari regulasi,” ujar Presiden.

Menurut Presiden, kini kehadiran internet  berperan  menciptakan industri baru yang memiliki manfaat positif, seperti fintech dan ekonomi digital. Dua sektor tersebut, saat ini berkembang dengan pesat.

Terkait perkembangan fintech,  Presiden menekan harus ada regulasi yang ramah dan akuratif mencegah intervensi pemerintah yang terlampau berlebihan. Selain itu, regulasi yang semacam itu memberikan kesempatan bagi para kreator untuk berkreasi tanpa takut.

“Eksperimen meningkat dan memberi dampak pada ekonomi dan fondasi dari internet yang kami gunakan saat ini,” ungkap Jokowi.

Presiden juga melihat apabila regulasi terlalu ketat dan menciptakan sistem yang tertutup, akan menyebabkan kegiatan ekonomi menjauh dari ekonomi siber. “Kita harus mendorong terciptanya standar dan keterbukaan global.” tegasnya.

Presiden menambahkan,  Indonesia telah menjalankan inovasi yang sistematis dan booming internet masuk ke fondasi ekonomi. “Termasuk metode pembayaran seperti PayPal, ApplePay, AliPay, WeChat dan inovasi serupa yang telah merubah cara hidup jutaan orang di dunia,” Jelasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close